Aminullah-Zainal Pimpin Banda Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Aminullah-Zainal Pimpin Banda Aceh

Aminullah-Zainal Pimpin Banda Aceh
Foto Aminullah-Zainal Pimpin Banda Aceh

BANDA ACEH – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh terpilih, H AmiAminullah-Zainal Pimpin Banda Acehah Usman SE Ak MM dan Drs H Zainal Arifin, resmi memimpin Kota Banda Aceh untuk lima tahun ke depan. Keduanya disumpah dan dilantik oleh Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf atas nama Presiden RI dalam rapat paripurna istimewa di Gedung DPRK Banda Aceh, Jumat (7/7).

Rapat paripurna pengambilan sumpah dan pealntikan dipimpin oleh Ketua DPRK Banda Aceh, Arif Fadhilah. Ratusan tamu undangan memenuhi ruang pelantikan yang berlangsung di gedung DPRK lama, satu kompleks dengan Balai Kota.

Amatan Serambi, AmiAminullah-Zainal Pimpin Banda Acehah bersama istri, Nurmiati AR tiba di gedung DPRK Banda Aceh sekira pukul 08.20 WIB. Tampak juga anak dan cucunya yang terus ‘mengawal’. Ia disambut sejumlah pejabat dan tamu undangan lain yang sejak awal menunggu di depan pintu gerbang utama. Senyum AmiAminullah-Zainal Pimpin Banda Acehah merekah ketika turun dari mobil.

Sesaat kemudian, wakilnya, Zainal Arifin bersama istri, tiba di lokasi. Mereka berkumpul, lalu memasuki gedung DPRK dengan melewati pasukan pedang diiringi seurune kale. Sepanjang jalan, para pejabat dan warga tak henti-hentinya bersalaman dengan pasangan berslogan Gemilang ini.

Bukan perkara mudah menahkodai Banda Aceh. Sejumlah persoalan sudah menunggu, di antaranya sampah, air bersih, kemacetan, transportasi, dan lain-lain. Bahkan, masalah air bersih telah menjadi momok yang tak kunjung selesai bagi warga kota.

AmiAminullah-Zainal Pimpin Banda Acehah dalam pidato perdananya menyampaikan akan membenahi Banda Aceh menjadikan Kota Gemilang dalam bingkai syariat. Saat ini sebuah tim sedang menyusun rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) Banda Aceh. SKPK diminta bisa melahirkan rencana tahunan yang akomodatif terhadap warga dengan waktu terukur.

“Dalam pandangan kami, kota ini memiliki potensi besar yang dapat dioptimalkan untuk kemakmuran rakyat. Pemerintahan yang kami pimpin akan bekerja keras dan memastikan setiap warga merasakan kehadiran pelayanan pemerintahan. Misalnya, pelayanan air bersih, kesehatan, dan pelayanan publik lainnya,” kata AmiAminullah-Zainal Pimpin Banda Acehah.

Ia mengakui persoalan air bersih masih menjadi salah satu masalah besar di kota ini. “Masalah air kami akan tinjau dan mempelajarinya terlebih dahulu, sebenarnya di mana letak masalahnya. Insya Allah dalam tahun 2019 akan kita coba tuntaskan,” kata AmiAminullah-Zainal Pimpin Banda Acehah yang diwawancarai usai pelantikan.

Mantan direktur utama Bank Aceh ini menyatakan, untuk tahap pertama pemerintah akan turun menentukan di mana titik yang selama ini menjadi permasalahan. “Kita akan lihat daerah mana yang paling bermasalah dan tidak merasakan air sama sekali. Kalau ada air ditarik pakai sanyo (maksudnya pompa), ini dua kali rugi, bayar listrik bayar air. Jadi kita pelajari dulu, mungkin tidak bisa selesai segera, tapi sudah ada penanganan yang serius dari pemerintah kota,” ungkapnya.

Pesan gubernur
Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menyampaikan delapan pesan khusus kepada AmiAminullah-Zainal Pimpin Banda Acehah-Zainal. Di antaranya meminta keduanya tetap kompak dalam memimpin Banda Aceh. “Saudara jangan hanya terlihat harmonis saat pilkada dan pelantikan, tapi kemudian kapal ini pecah di tengah jalan. Hindari konflik internal dengan membangun komunikasi yang intensif,” ujarnya.

Selain itu, Irwandi juga meminta pasangan ini untuk membina hubungan dengan legislatif sebagai mitra kerja. Sehingga agenda kegiatan di daerah dapat dilaksanakan dengan baik. Bina juga komunikasi dengan pimpinan politik lainnya untuk menghilangkan semua friksi yang terjadi saat pilkada.

“Saya tahu Bapak AmiAminullah-Zainal Pimpin Banda Acehah selain penggemar bola kaki juga pemain bola. Biasanya pemain bola kaki suka sekali dengan bola liar yang akan disepak ke gawang. Saya berharap, bola liar dalam hubungan dengan legislatif jangan disepak ke dalam gawang sendiri. Saya harap jangan ada bola liar, jadi pelaksanaan pembangunan Kota Banda Aceh bisa berjalan dengan baik, jangan utamakan ego sektoral,” pesan Irwandi.

Seusai disumpah dan dilantik, AmiAminullah-Zainal Pimpin Banda Acehah-Zainal kemudian di-peusijuek oleh sejumlah ulama di Taman Sari (Taman Bustanussalatin) Banda Aceh. Sekitar pukul 11.20 WIB, AmiAminullah-Zainal Pimpin Banda Acehah-Zainal yang dikawal oleh tim protokoler dan pendukungnya berjalan kaki menuju Taman Sari.

Selain itu, di Taman Sari panitia juga menyediakan beberapa kuali kuah beulangong untuk disajikan kepada warga yang hadir. Berdasarkan informasi setidaknya ada sekitar sembilan ekor sapi yang disembelih kemarin dalam pesta rakyat itu.(mas/mun/mir) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id