Usung Bupati, Parpol di Tamiang Gagas Koalisi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Usung Bupati, Parpol di Tamiang Gagas Koalisi

Foto Usung Bupati, Parpol di Tamiang Gagas Koalisi

KUALASIMPANG – Sejumlah petinggi partai politik (lokal dan nasional) di Aceh Tamiang, Senin (14/3) melakukan pertemuan di Hotel Grand Arya, dalam rangka menggagas sebuah koalisi besar menjelang Pilkada 2017.

Ada sembilan parpol yang hadir, yaitu PA, PAN, PPP kubu Romahurmuziy (Romy), NasDem, PKS, Hanura, Gerindra, Demokrat, dan PBB. Namun dari jumlah tersebut, belum semua partai sepakat, sebab terbentur dengan mekanisme yang ada internal partai.

Ketua PAN Aceh Tamiang, Juanda, sangat berharap silaturrahmi politik ini dapat membuahkan sebuah koalisi besar untuk membentuk kesepahaman bersama dalam membangun Aceh Tamiang mendatang.

Meski demikian, dia menegaskan, silaturrahmi ini bukan untuk mengarahkan dukungan kepada salah satu calon atau menghadang calon lain, sebab sampai saat ini belum ada kandidat Bupati Aceh Tamiang yang muncul.

“PAN sendiri membutuhkan koalisi untuk mengusung calon pada pilkada mendatang. Persoalan siapa calon? Kita sepakati dengan iklas karena setiap parpol punya kader berkualitas,” ujarnya.

Ketua Partai Aceh (PA), Dilza Fatia atau yang akrab disapa, Syahar, menyatakan, PA siap berkoalisi dengan Parnas pada Pilkada 2017. Untuk diketahui, PA merupakan partai dengan peraihan kursi terbanyak di DPRK yakni enam kursi.

Dengan jumlah kursi tersebut, PA sebenarnya bisa mengusung calon sendiri tanpa perlu koalisi. Sementara kursi dewan dari partai nasional, rata-rata memiliki satu sampai tiga kursi.

Ketua PPP kubu Romy, Ismail, mengaku, secara pribadi ia siap berkoalisi. Namun secara partai ia belum dapat memutuskan partai masih terbelit dengan permasalahan internal.

Sekretaris Partai NasDem Aceh Tamiang, Muhammad Yunan, juga mengaku belum dapat memutuskan, sebab ada mekanisme partai yang harus dijalankan dalam mengusung kandidat bupati Aceh Tamiang. “NasDem saat ini sedang membuka pendaftaran kandidat bupati yang akan diusung,” sebutnya.

Begitu juga dengan Partai Demokrat yang juga mengaku ada mekanisme partai dalam pengusungan calon. Perwakilan dari PKS juga belum bisa memberi keputusan dan berjanji akan menyampaikan hasil silaturrhami tersebut dalam mekanisme partainya.(md) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id