Asosiasi Kopi Gayo Indonesia Dibentuk | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Asosiasi Kopi Gayo Indonesia Dibentuk

Foto Asosiasi Kopi Gayo Indonesia Dibentuk

JAKARTA – Asosiasi Kopi Gayo Indonesia (AKaGI) dibentuk di Jakarta. Dipelopori sejumlah pengusaha kopi, aktivis kopi, seniman kopi, akademisi, dan peneliti kopi.

Sekretaris AKaGI, Yusradi Usman Al-Gayoni di Jakarta, Selasa (13/3), menjelaskan asosiasi ini mendapat dukungan dari berbagai kalangan dan kelak akan dibentuk di berbagai daerah di Indonesia.

“Asosiasi ini dibentuk sebagai wadah bagi seluruh stakeholder kopi Gayo, sehingga bisa saling berkomunikasi, berbagi, berbuat bersama dalam mempromosikan secara masif, memperluas pasar dan melindungi serta mengembangkan petani/pelaku usaha kopi gayo,” kata Yusradi yang merupakan CEO Ngopipedia.

Selama ini, kata dia, pelaku usaha kopi gayo cenderung bergerak masing-masing. Termasuk di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dan Bandung.

“Sekiranya dimaksimalkan dan saling berbagi kelebihan, kebaikan serta saling melengkapi, tentu dampaknya akan sangat luar biasa terhadap perlindungan, pengembangan, promosi, dan perluasan pasar kopi gayo,” katanya.

Menurut Yusradi, di Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dan Bandung saja diperkirakan ada sekitar 50 pelaku usaha kopi dari Gayo. Ini perkembangan yang cukup luar biasa, karena pada prinsipnya semua orang Gayo adalah duta kopi.

“Apalagi, kopi sudah jadi napas sekaligus warisan orang Gayo untuk dunia,” kata Sekretaris Pelaksana Didong dan Pameran Kopi Gayo Senayan 2013 itu.

Asosiasi tersebut dilengkapi dengan Divisi Organisasi, Divisi Riset, dan Pengembangan, serta Divisi Promosi, Hubungan dan Kerja sama Antarlembaga. (fik) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id