Bur Telege, Objek Wisata Baru di Takengon | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bur Telege, Objek Wisata Baru di Takengon

Bur Telege, Objek Wisata Baru di Takengon
Foto Bur Telege, Objek Wisata Baru di Takengon

URI.co.id, TAKENGON –Takengon menawarkan objek wisata baru, Bur Telege, yang terletak di Kampung Bale Takengon, Aceh Tengah.

Berada di ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut (dpl), pesona Kota Takengon dan Danau Laut Tawar langsung bisa dirasakan.

“Bur Telege bersisian langsung dengan Danau Laut Tawar, sehingga kita bisa memandanganya dari jarak sangat dekat,” kata Siti Afraghassani, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang mengunjungi Bur Telege, Kamis (29/6/2017) siang.

Objek wusata Bur Telege dikelola oleh warga dan pemuda Kampung Bale.

Ketua Pemuda Bale, Isdarissinia, mengatakan, mereka berinisitaif membuka Bur Telege sebagai alternatif tempat kunjungan wisata Tanah Gayo.

“Baru lebaran ini kami organisir. Ini juga, hanya mengatur parkiran, sehingga tidak semeraut,” kata Isdarissinia.

Pengunjung Bur Telege juga akan disuguhi sajian kopi Gayo dengan peracik yang andal. “Sembari menikmati alamnya, juga kopi,” lanjut Isdarissinia.

Pemerhati pariwisata Tanah Gayo, Achriyal Aman Ega alias Awan Ruwes, menyarankan agar Bur Telege mengembangkan wisata alam, sehingga seluruh fasilitas wisata di tempat itu menyatu dengan alam. “Kita hargai dan rawat alam. Milai kita tumbuhkan kesadaran wisata,” kata Achriyal yang juga kreator seni kenamaan Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Reje Bale Hakim Bujang, Adi Bale, mendorong para pemuda pemudi kamoung itu mengembangkan kreativitas di bidang pariwisata dan seni. “Kelak kita ingin Kampung Bale jadi kampung budaya. Kita tentu sangat mengharapkan dukungan pemerintah,” ujar Adi Bale.

Rombongan seniman Gayo juga memanfaatkan Bur Telege sebagai tempat pertunjukan dan objek fotografi.

Selama lebaran Idul Fitri, tempat itu mulai banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah.

Para wisatawan memanfatkan lokasi tersebut sebagai tempat berfoto dan tentu menikmati kopi Gayo. (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id