Tiba di Aceh, Langsung Seleksi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tiba di Aceh, Langsung Seleksi

Tiba di Aceh, Langsung Seleksi
Foto Tiba di Aceh, Langsung Seleksi

BANDA ACEH – Tak butuh waktu lama bagi mantan punggawa timnas U-21, Josua Pahabol untuk menunjukkan aksinya di Persiraja. Mantan pilar Semen Padang langsung mengikut seleksi petang kemarin, di Stadion Dimurthala, Lampineung.

Padahal, Josua Pahabol baru tiba di mes Lampineung pukul 15.30 WIB. Satu jam kemudian, pemain yang terakhir berkarier di Barito Putera Banjarmasin, Kalimantan Selatan, langsung turun ke lapangan. Meski didera kelelahan, namun dia tetap ikut latihan secara penuh.

“Dari Jakarta, saya berangkat ke Aceh pukul 12.00 WIB. Seusai tiba di mes, saya istirahat sejenak. Ya, sekitar satu jam beristirahat. Langsung ikut latihan bersama kawan-kawan tadi,” jelas pemain yang berasal dari Papua kepada Serambi usai latihan.

Pemain kelahiran Yahukimo, 7 November 1993 secara terbuka mengakui, kalau dirinya sudah hampir dua bulan tidak berlatih secara serius. Baru kembali kembali mengasah kemampuan saat mengadu nasib di klub ibukota, Persija Jakarta. “Karena tak ada kejelasan status di sana, akhirnya saya memutuskan pergi,” katanya yang mengaku ikut seleksi selama tiga hari di Macan Kemayoran–julukan Persija–.

Dalam latihan hari kedua kemarin, Josua Pahabol langsung mendapat tantangan berat. Terlebih, punggawa Lantak Laju digenjot fisik di latihan tersebut. Tentu saja, dengan kondisi tersebut membuat dia tak tampil agresif. Kelebihannya mendribbling bola plus kecepatan sama sekali tak terlihat.

Bahkan, ketika digelar game, Josua sulit mendapatkan bola. Padahal Lutfhi Fauzi Hamdan, Ferry Komul dan Mukhlis Nakata diinstruksikan untuk terus menyuplai si kulit bundar untuknya. Karena fisik sudah menurun, akhirnya dia mengambil posisi aman dengan bermain di lini tengah.

Pun begitu, sentuhan dan aksi ketika mengambil posisi tetap nampak. Puncaknya, ketika Josua menerima sodoran umpan dari Fadhil Ibrahim. Sayangnya, aksinya dihentikan oleh kiper Putra Kurniawan. Eksekusi penalti ke tiang jauh Josua berhasil ditip oleh Putra Kurniawan ke luar lapangan.

Arsitek Persiraja, Anwar kepada Serambi menilai, pergerakan mantan pemain timnas U-21 masih lumayan. Kecuali itu, sentuhan bola Josua juga menjanjikan. Namun, kelemahan yang terlihat dalam seleksi itu soal fisik, serta kebugarannya. Apalagi, dia tiba satu jam sebelum jadwal latihan. Dengan kondisi masih kelelahan, ia tetap saja ikut seleksi.

“Kekurangan dari dia soal fisik. Boleh jadi, dia sudah lama tidak berlatih. Kalau bicara skill, pemain ini masih memperlihat dengan baik. Kita akan memberikan kesempatan buat Josua selama tiga hari. Bahkan, kita juga akan menguji Josua dalam pertandingan uji coba,” ungkap mantan striker Persiraja era 90-an.

Soal fisik pemain bersangkutan, Anwar secara terbuka mengakui, dia bersama tim pelatih optimis Josua Pahabol akan kembali. Tentu saja mereka memiliki waktu selama tiga pekan untuk mengenjot lagi fisik mantan pemain Persiwa Wamena, Papua, tersebut. Apalagi, jasa Josua akan dipakai pada putaran kedua Liga 2. Kompetisi kasta kedua itu dijadwalkan bergulir 22 Juli 2017 mendatang.

Latihan hari kedua Persiraja setelah liburan lebaran sudah diikuti semua pemain. Agus Suhendar, Khairunnas, Dian Ardiansyah dan Ferry Komul sudah bergabung dengan tim. Kecuali empat pilar itu, pemain seleksi asal Papua, Josua Pahabol juga ambil bagian.

Pelatih Persiraja, Anwar mengatakan, mulai kemarin mereka langsung memberi latihan fisik. Menu program tersebut akan disiapkan hingga Sabtu (1/7) besok. “Supaya kondisi mereka tetap terjaga, maka kita mulai pagi kemarin menggelar latihan fisik,” jelas ayah tiga anak ini.

Fokus utama dari latihan tersebut sebagai persiapan Vivi Asrizal cs untuk melakoni pertandingan tandang. Ya, pada pekan keenam Liga 2, Laskar Rencong akan berlaga di kandang 757 Kepri Jaya FC di Batam, Sabtu (8/7). Bagi Fani Aulia dkk ini merupakan laga tandang keempat di putaran pertama.(ran) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id