Drama “Laksamana Keumalahayati” Suguhan Puncak HUT Taman Mini | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Drama “Laksamana Keumalahayati” Suguhan Puncak HUT Taman Mini

Foto Drama “Laksamana Keumalahayati” Suguhan Puncak HUT Taman Mini

JAKARTA – Drama musikal “Laksamana Keumalahayati” akan tampil pada acara puncak peringatan HUT ke-41 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Teater Bhinneka Tunga Ika. Sosok Malahayati diperankan oleh artis berdarah Aceh, Nova Eliza.

Dijadwalkan pertunjukan tersebut disaksikan Presiden Joko Widodo, Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan para duta besar.

Perayaan HUT Taman Mini, 17-24 April 2016. Pemerintah Aceh ditunjuk sebagai pemeran serta utama dalam peringatan HUT tahun ini sudah menyiapkan serangkaian acara yang sangat menarik dan spektakuler.

Direktur Taman Mini, DR AJ Bambang Sutanto didampingi Kepala Kantor Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta, Ir. Muhammad Badri Ismail, menyampaikan hal itu di Jakarta, Selasa (13/3).

“Peringatan HUT Taman Mini tahun ini akan diisi aneka pertunjukan seni budaya Aceh, termasuk tari kolosal yang menampilkan 6.000 penari pada hari penutupan,” kata Direktur TMII.

Kepala Kantor Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta, Ir Muhammad Badri Ismail mengatakan, Pemerintah Aceh telah menyiapkan dengan apik, mulai dari kuliner, pertunjukan seni, peragaan busana dan pameran produk unggulan. “Termasuk baju bermotif kerawang Gayo akan digunakan sebagai seragam utama,” kata Badri Ismail bersemangat.

Drama musikal “Laksamana Keumalahayati” yang menjadi suguhan puncak, menceritakan tentang peran laksamana pertama wanita itu dalam mengusir penjajahan Portugis. Drama tersebut disutradarai Haris Syaus, salah seorang tokoh teater di Jakarta.

Sementara tari kolosal yang ditampilkan adalah “Ratoeh Jaroe,” tarian kontemporer Aceh yang disutradarai oleh penata tari asal Aceh, Dek Gam. Tarian tersebut dimainkan 6.000 pelajar dan mahasiswa di Jakarta, memper lihatkan gerak-gerak atraktif dan variatif. Tarian ini ditampilkan di Lapangan Tugu Api Pancasila.

Badri Ismail mengatakan, Pemerintah Aceh juga membangun stand pameran berbentuk “Rumoh Aceh” yang akan memamerkan produk unggulan seluruh Aceh. Stan itu nanti diisi masing-masing pemerintah kabupaten dan kota. Selain gubernur, dari Aceh akan hadir Wali Nanggroe, Pimpinan DPRA dan para bupati walikota.

Badri menyebutkan, peringatan HUT Taman ini akan menjadi ajang promosi bagi Aceh. Dikabarkan, Pemerintah Aceh mengalokasikan anggaran Rp 3 miliar lebih untuk menyiapkan seluruh rangkaian acara tersebut. (fik) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id