PT ASDP Datangkan KMP Teluk Sinabang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

PT ASDP Datangkan KMP Teluk Sinabang

PT ASDP Datangkan KMP Teluk Sinabang
Foto PT ASDP Datangkan KMP Teluk Sinabang

* Layari Balohan-Ulee Lheu

SABANG – Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Tanjung Burang yang rusak sejak Rabu (21/6) sore, hingga Jumat (23/6) kemarin masih dalam perbaikan. PT ASDP mendatangkan KMP Teluk Sinabang untuk membantu mengangkut penumpang dari Balohan-Ulee Lheue dan sebaliknya.

Menurut keterangan Kadis Perhubungan (Kadishub) Kota Sabang, Irawadi, KMP Tanjung Burang belum bisa beroperasi melayani pelayaran Balohan Sabang- Ulee Lheue Banda Aceh. Katanya, kapal roro berkapasitas 350 penumpang itu hingga sore kemarin masih dalam proses perbaikan di Pelabuhan Ulee Lheue. “Belum tahu kapan KMP Tanjung Burang akan kembali berlayar, karena hingga kemarin masih dalam perbaikan di Ulee Lheue,”katanya.

Dikatakan, meski KMP Tanjung Burang tidak berlayar karena masih dalam proses perbaikan, namun sejauh ini tidak ada penumpang yang telantar di pelabuhan. Semua penumpang, katanya habis terangkut dengan kapal cepat yang berlayar tiga trip ditambah KMP Papuyu yang berlayar dua trip dari Banda Aceh ke Sabang.

Ditambahnya, kedatangan KMP Simeulue itu atas permintaan Pemko Sabang dengan Pemerintah Aceh kepada PT ASDP. Dikatakan, meski tidak akan menghabiskan tumpukan mobil, setidaknya kedatangan KMP Simeulue berkapasitas 13 unit roda empat dan 35 unit roda dua itu akan mengurangi antrean panjang kendaraan di Pelabuhan Balohan. Serta akan menyeberangkan mobil sayur dan sembako yang tertahan sejak Rabu sore di Pelabuhan Ulee Lheue.

Amatan Serambi kemarin, ada puluhan mobil dan sepeda motor yang tertahan di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh. Bahkan ada mobil yang sudah berada dua hari di pelabuhan. Beberapa diantaranya merupakan truk pengangkut buah dan sayur. Sedangkan beberapa kendaraan pribadi ditinggalkan di kompleks Pelabuhan, karena pemiliknya memilih mudik dengan kapal cepat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Aceh, melalui Kabid Laut, Faisal kepada Serambi Jumat (23/6) mengatakan, KMP BRR diperkirakan pada pada Lebaran ketiga sudah tiba di Banda Aceh. Karena perbaikan kemudi yang rusak itu diperkirakan bisa selesai dua hari.

Disebutkan, jumlah mobil barang dan penumpang yang masih antre di Pelabuhan Balohan ke Ulee Lheue saat ini mencapai 70 – 80 unit. Dari Banda Aceh ke Sabang, sebanyak 30-40 unit.(az/mun/her) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id