2.678 Napi Dapat Remisi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

2.678 Napi Dapat Remisi

  • Reporter:
  • Sabtu, Juni 24, 2017
2.678 Napi Dapat Remisi
Foto 2.678 Napi Dapat Remisi

BANDA ACEH – Sebanyak 2.678 narapidana (napi) berbagai kasus yang menjalani hukuman di Lembaga Permasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan), dan Cabang Rutan di seluruh Aceh mendapat remisi (pengurangan masa hukuman) khusus Idul Fitri 1438 H. Dari jumlah tersebut, 27 orang di antaranya langsung bebas setelah menerima remisi tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan, Bimbingan Pemasyarakatan, Pengentasan Anak, Informasi, dan Komunikasi pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Aceh, Drs Meurah Budiman SH MH menyampaikan hal ini kepada Serambi, Jumat (23/6).

“Yang mendapat remisi khusus Idul Fitri sebanyak 2.678 orang dari total 6.981 napi di seluruh Aceh,” kata Meurah Budiman.

Ia menjelaskan semua napi yang memperoleh remisi sudah mengantongi SK dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI. Mereka adalah napi kasus narkotika, korupsi, dan pidana umum. Adapun jumlah remisi yang diterima bervariatif mulai 15 hari hingga 1,5 bulan tergantung lama hukuman yang sudah dijalani.

Ia berharap dengan pemberian remisi ini para napi semakin memperbaiki diri mereka agar lebih cepat bebas. Begitu juga dengan napi yang sudah bebas setelah menerima remisi, semoga semakin menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungannya serta tidak mengulangi lagi perbuatannya.

Di sisi lain, Meurah Budiman menjelaskan pada tahun ini pihaknya telah mengajukan 484 nama napi untuk diusulkan agar mendapatkan remisi pertama ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Mereka merupakan napi tindak pidana khusus, seperti narkotika dan korupsi yang dipidana penjara selama 5 tahun lebih.

Pengajuan itu sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 Tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Hak Warag Binaan Pemasyarakatan. “Sudah kita usul ke kantor pusat secara online. Saat ini datanya sedang diproses oleh pusat, kita tunggu saja hasilnya,” ulas Meurah Budiman.

Jika usulan tersebut disetujui oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Meurah Budiman mengatakan bahwa jumlah napi di Aceh yang memperoleh remisi khusus Idul Fitri tahun 2017 bertambah dari 2.678 orang menjadi 3.162 orang. “Yang 2.678 orang ini sudah pasti mendapatkan SK,” demikian Meurah Budiman. (mas) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id