Ingin Selamat, jangan Ngebut | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ingin Selamat, jangan Ngebut

Ingin Selamat, jangan Ngebut
Foto Ingin Selamat, jangan Ngebut

* Cegah Kecelakaan Lalu Lintas

ARUS lalu lintas di lintas timur-utara, barat-selatan dan tengah, diperkirakan akan sangat padat pada, Sabtu (24/6) hari ini hingga Minggu (1/7) besok. Dalam situasi arus lalu lintas yang padat, peluang akan terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya pun menjadi besar.

Karena itu, jika ingin selamat sampai di tujuan, maka pengguna jalan, dalam hal ini pemudik dan para sopir armada angkutan lebaran, diingatkan harus disiplin dan tidak mengebut selama dalam perjalanan.

“Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kecelakaan adalah disiplin dan tidak ngebut di jalan raya,” kata Ketua DPRA, Tgk Muharuddin, saat meninjau pos pelayanan mudik di Terminal Batoh, Kota Banda Aceh, bersama dua Wakil Ketua DPRA, yaitu Sulaiman Abda dan Dalimi, Jumat (23/6).

Tgk Muhar mengingatkan, mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi di jalan raya yang padat dengan kenderaan bermotor, bisa mencelakai orang lain dan diri sendiri. Untuk itu, kesabaran dan fokus dalam mengendarai kenderaan sangat diperlukan agar bisa tiba dengan selamat di tempat tujuan.

“Lebih baik terlambat ke tempat tujuan, asal bisa merayakan Idul Fitri dengan aman, nyaman, dan selamat,” kata Tgk Muharuddin.

“Tujuan kita mudik adalah untuk bersilaturahmi dan merayakan Lebaran Idul Fitri bersama keluarga, orang tua, dan saudara dengan selamat, aman, dan nyaman,” imbuhnya.

Ketua DPRA juga mengingatkan bahwa tujuan pemerintah membuat pos-pos pelayanan dan pengamanan di pinggir jalan raya, pada setiap musim mudik Lebaran, adalah untuk melayani rakyatnya agar tertib dan selamat dalam perjalanan. Di pos-pos ini disediakan tempat istirahat serta kopi dan teh panas, sehingga memberikan kenyamanan kepada pemudik.

Karena itu, Ketua DPRA Tgk Muharuddin berharap pemudik memanfaatkan pos-pos pelayanan dan pengamanan mudik yang disediakan pemerintah di pinggiran lintasan jalan nasional, terutama di daerah rawan kecelakaan. “Jangan ragu beristrahat di posko-posko pelayanan kesehatan mudik. Di sini, Anda bisa periksa tensi darah dan kesehatan tubuh kepada tim medis. Jika telah terasa capek mengemudi, beristrahatlah sejenak,” imbau Muharuddin.

Muharuddin juga kembali mengingatkan pengemudi agar tidak memaksakan menyetir jika mata sudah terasa ngantuk. Beristirahat itu sangat perlu, untuk menyegarkan kembali tubuh yang telah kecapean setelah lama mengemudi. Beristrahat sejenak merupakan upaya kita untuk mencegah kecelakaan.

“Kalau sayang kepada keluarga, beristrahatlah jika sudah lelah dan ngantuk dalam perjalanan. Jangan paksakan mengemudi,” pungkas Muharuddin. (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id