Harus Diseleksi Ketat | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Harus Diseleksi Ketat

Harus Diseleksi Ketat
Foto Harus Diseleksi Ketat

KAPOLRES Aceh Timur melalui Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops), Kompol Rusman Sinaga meminta para pengusaha angkutan umum (bus maupun minibus/L300) untuk menyeleksi dengan ketat para sopirnya. Terutama sopir yang ditugaskan untuk mengangkut penumpang saat mudik maupun arus balik Lebaran tahun ini.

Mereka yang benar-benar bersih dari narkobalah yang diperbolehkan mengemudikan kendaraan dan mengangkut penumpang. “Soalnya, salah satu penyebab kecelakaan itu adalah akibat human error, yakni karena sopirnya mengonsumsi narkoba,” ujar Kompol Rusman kepada Serambi di Idi Rayeuk, Kamis (22/6) menanggapi kasus ditemukannya lima sopir angkutan umum di Terminal Idi Rayeuk yang positif mengonsumsi narkoba.

Ia juga memandang sangat penting dilakukan razia terhadap sopir angkutan umum pada saat mudik dan balik Lebaran tahun ini. Di matanya, razia tersebut strategis karena bertujuan untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas dan korban jiwa selama Operasi Ramadniya Tahun 2017.

“Soalnya, kecelakaan selain disebabkan oleh kendaraan, sarana, dan rambu-rambu, juga disebabkan oleh human error. Jadi, hal itulah yang kita cegah dengan mengintensifkan razia dan tes narkoba,” ujar Kompol Rusman Sinaga.

Sopir yang diketahui positif narkoba, menurutnya, haruslah diproses secara hukum oleh BNN setempat dan tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan, demi keselamatan penumpang. (c49) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id