Pansus APBK tak Jalan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pansus APBK tak Jalan

Pansus APBK tak Jalan
Foto Pansus APBK tak Jalan

BLANGPIDIE – Sejumlah anggota DPRK Abdya hingga kemarin belum menjalankan kegiatan panitia khusus (Pansus) realisasi APBK 2016 tahap pertama. Secara jadwal kegiatan Pansus tahap pertama sudah berakhir pada Rabu (21/6). Informasi yang diterima Serambi salah satu penyebab Pansus tak berjalan karena ketua DPRK Abdya Zaman Akli masih berada di luar daerah tanpa sepengetahuan anggota Pansus.

Selain itu, materi Pansus juga belum diterima oleh anggota DPRK. Informasi lain yang diterima Serambi, dari sejumlah dinas, hanya Dinas Sosial yang telah menyerahkan materi tersebut. “Dari awal sudah kami bilang, kalau Pansus ini, tidak akan jalan, karena prosesnya menyalahi aturan dan terkesan dipaksakan,” kata Ketua Fraksi Abdya Bermartabat DPRK Abdya Nurdianto.

Sementara itu, Ketua Komisi A yang juga ketua Tim Pansus I Iskandar saat dikonfirmasi membenarkan bahwa pihaknya belum melakukan Pansus. Namun, Iskandar enggan membeberkan penyebab anggota DPRK Abdya belum melakukan Pansus tahap pertama yang ditetapkan 16-21 Juni 2017. “Kita tunda dulu, siap lebaran dilanjutkan, karena ada hal yang mesti dilakukan,” ujar Iskandar kepada Serambi.

Seperti diketahui, rapat paripurna penjadwalan Pansus realisasi APBK 2016 berujung walk out 11 anggota DPRK dari Fraksi Abdya Bermartabat dan salah seorang pimpinan DPRK Abdya dari 24 anggota DPRK yang hadir.

Fraksi Abdya Bermartabat menilai paripurna penjadwalan itu ilegal dan terkesan dipaksakan. Fraksi Abdya Bermartabat menilai Pansus bisa dilaksanakan setelah adanya perombakan alat kelengkapan dewan (AKD) sesuai amanah Tata Tertib DPRK.

Selain fraksi Abdya Bermartabat, Ketua Komisi C DPRK Abdya, Julinardi juga menolak melakukan Pansus pascaterbit SK Pansus Nomor 11/kep/DPRK/2017 tentang Pembentukan Pansus.

“Secara tata tertib (Tatib), yang harus dilakukan terlebih dahulu, adalah melakukan perombakan AKD. Karena, masa kerja DPRK telah memasuki 2 tahun 6 bulan,” katanya. Untuk diketahui, setiap anggota DPRK Abdya yang melaksanakan Pansus realisasi APBK 2016 juga menerima honor Rp 160 ribu per hari.(c50) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id