Musim Mudik, BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan Berobat | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Musim Mudik, BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan Berobat

Musim Mudik, BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan Berobat
Foto Musim Mudik, BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan Berobat

* Tak Perlu Rujukan, Bisa Berobat Langsung Ke-6 RS

UNTUK memberikan kelancaran pelayanan berobat bagi peserta JKRA/JKN pada masa mudik Lebaran Hari Raya Idhul Fitri 1438 Hijjriah, Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Aceh memberikan jaminan pelayanan medis dasar atau nonemergency. Tanpa harus ada surat rujukan, pasien bisa langsung berobat ke RSUD. Kebijakan itu berlaku mulai 19 Juni-2 Juli 2017.

BPJS Kesehatan Aceh menetapkan 6 rumah sakit di Aceh sebagai rumah sakit yang akan melayaninya programnya ini. Keenam RS dimaksud adalah, RS Kesdam Iskandar Muda, RS Harapan Bunda, RSUD Aceh Besar, RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli, RSUD Pidie Jaya, dan RSUD Sabang.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif mengatakan, kebijakan yang dibuat BPJS Kesehtan itu, bisa membantu masyarakat pemegang kartu JKRA/JKN KIS di Aceh untuk langsung berbat ke enam rumah sakit tersebut, apabila mengalami sakit dan perlu dirawat inap maupun rawat jalan dan operasi.

Semua biaya atas pengobatannya, kata Hanif, ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Dalam pelaksanaan pelayanan kepada pemudik, Dinkes Aceh, juga telah membuat program dan melibatkan petugas medisnya dalam Tim Pelayanan Mudik 2017, yang dibuat Polres di lintasan jalan nasional. Misalnya untuk wilayah pantai barat, di Lepung, Lamno, Calang dan Tenom, dan daerah lainnya.

Kecuali itu, Dinkes juga telah membuat buku panduan pelayanan kesehatan dalam pelaksanaan mudik Lebaran 2017. Buku panduan itu diberikan di setiap Pos Pelayanan Mudik yang dibuka Polres di masing-masing kabupaten/kota.

Dengan adanya buku panduan Pos Pelayanan Kesehatan Mudik 2017 itu, petugas kesehatan yang terdapat dalam pos pelayanan Mudik 2017 di masing-masing daerah, bisa menggunakannya untuk penanganan korban kecelakaan yang terjadi dalam masa mudik dan arus balik di daerahnya, untuk melakukan rujukan ke rumah sakit kelas B seperti RSU Meuraxa maupun rumah sakit kelas A seperti RSUZA.

Dalam buku panduan itu, sudah ada penuntun tata cara berkomunikasi dengan pusat reaksi cepat pelayanan kesehatan dengan mengontak nomor call center, 0651 22118 atau 119. (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id