Unsyiah Asuh USM dan Unigha | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Unsyiah Asuh USM dan Unigha

Unsyiah Asuh USM dan Unigha
Foto Unsyiah Asuh USM dan Unigha

BANDA ACEH – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dipilih oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemristekdikti) untuk menjadi pengasuh dua perguruan tinggi di Aceh yaitu Universitas Serambi Mekkah (USM) Banda Aceh dan Universitas Jabal Ghafur (Unigha) Sigli. Kesepakatan itu terjalin dalam Kick of Meeting Program Hibah Asuh Perguruan Tinggi dan Program Studi 2017 yang diteken Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samul Rizal, Rektor USM, Dr H Abdul Gani Asyik MA, dan Rektor Unigha, Drs Sulaiman Usman MPd, di Balai Senat Unsyiah, Rabu (21/6).

“Unsyiah sangat mengpresiasi keinginan dua perguruan tinggi Aceh ini untuk diasuh oleh Unsyiah,” ucap Rektor Unsyiah.

Menurutnya, keinginan untuk memperbaiki kualitas universitas adalah sebuah keharusan. Sebab, umumnya lulusan kampus nanti akan masuk dalam dunia kerja. Jadi, lanjut Prof Samsul, kerja sama ini harus menjadi tanggung jawab secara moral maupun institusi.

“Karena itu, saya sangat mengapresiasi USM Banda Aceh dan Unigha Sigli yang mau menjadi peserta asuh Kemenristekdikti. Mudah-mudahan dengan program ini nanti bisa mengubah manajemen SPMI kedua universitas tersebut dan meningkat akreditasinya,” harap Rektor Unsyiah.

Ketua Lembaga Pengembangan, Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unsyiah, Dr Ir Marwan menjelaskan, Unsyiah dipilih Kemristekdikti untuk menjadi pengasuh perguruan tinggi tersebut karena dinilai telah memenuhi kriteria sebagai Perguruan Tinggi Unggul.

“Kemenristekdikti ingin memanfaatkan beberapa perguruan tinggi yang Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)-nya sudah berjalan dengan baik, dan Alhamdulillah Unsyiah sudah memenuhi syarat untuk mengikuti program ini,” ungkap Marwan.

Menurutnya, Unsyiah memilih USM dan Unigha sebagai perguruan tinggi asuh karena kedua perguruan tinggi ini masuk dalam cluster 3 dan 4 yang disyaratkan oleh Kemristekdikti. Target utama program PT Asuh ini adalah peningkatan SPMI sehingga mendorong peningkatan akreditasi perguruan tinggi tersebut.

“Ada 30 program studi (Prodi) yang masih terakreditasi C pada kedua perguran tinggi ini. Jadi, Unsyiah berharap SPMI kedua universitas ini bisa lebih baik lagi,” ujar dosen Fakultas Teknik Unsyiah tersebut.

Rektor USM, Dr H Abdul Gani Asyik MA, menilai program asuh itu sangat bermanfaat, khususnya bagi USM yang sedang berupaya meningkatkan akreditasinya. Saat ini, sebut Abdul Gani, 15 prodi di USM masih terakreditasi C. Sedangkan 5 prodi lainnya berakreditasi B.

“Jadi, kami berharap program ini dapat mempelancar peningkatan akreditasi USM dan sangat penting bagi persiapan visitasi tim asesor nanti,” katanya.

Rektor Unigha, Drs Sulaiman Usman MPd mengungkapkan, pihaknya sangat senang karena Unsyiah sudah berhasil meraih akreditasi A. Sehingga mendorong universitas dari luar Aceh untuk belajar akreditasi ke Unsyiah.

“Untuk itulah, dalam program ini Unigha merasa punya ikatan emosional yang kuat untuk diasuh oleh Unsyiah. Sebagai masyarakat Aceh, kami juga salut dengan prestasi yang diperoleh Unsyiah,” ungkap Sulaiman. (jal) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id