KontraS Aceh Serahkan Rencana Strategis KKR | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

KontraS Aceh Serahkan Rencana Strategis KKR

KontraS Aceh Serahkan Rencana Strategis KKR
Foto KontraS Aceh Serahkan Rencana Strategis KKR

BANDA ACEH – KontraS Aceh dalam beberapa bulan terakhir sudah menyusun rencana strategis bagi Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh. Rencana strategis tersebut sudah diserahkan kepada Ketua Komisioner KKR Aceh, Afridal Darmi, di Banda Aceh, Selasa (20/6).

Penyerahan draft rencana strategis tersebut dilakukan setelah diskusi finalisasi yang dilakukan bersama komisioner KKR Aceh dan beberapa aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Aceh.

Aktivis HAM yang hadir di antaranya Zulfikar Muhammad dari Koalisi NGO HAM Aceh, Teuku Ardiansyah dari Katahati Institute, Mustiqal Syahputra dari LBH Banda Aceh, Azriana dari Komnas perempuan serta beberapa aktivis lainnya. Selain itu, hadir juga akademisi UIN Ar Raniry Profesor Yusny Saby dan perwakilan Dinas Sosial Aceh.

Koordinator KontraS Aceh, Hendra Saputra, mengatakan, rencana strategis yang diserahkan tersebut menjadi bahan pijakan komisioner KKR Aceh dalam melakukan proses pengungkapan peristiwa pelanggaran hak asasi manusia pada masa lalu.

“Kondisi saat ini, pasca-dilantiknya komisioner KKR, belum ada mekanisme atau rujukan dalam melakukan kegiatan KKR ke depan,” kata Hendra.

Hendra menambahkan korban dan keluarga korban sangat mengharapkan adanya proses pengungkapan kebenaran terhadap peristiwa yang dialaminya. Maka dari itu, koalisi pengungkapan kebenaran (KPK) Aceh, KontraS Aceh bekerja sama dengan TIFA melahirkan rencana strategis KKR lima tahun periode 2017-2021 sebagai landasan kerja KKR Aceh.

“Rncana strategis yang disusun tersebut kemudian akan diturunkan ke dalam rencana kerja tahunan KKR Aceh,” ucapnya.

Ketua KKR Aceh, Afridal Darmi, berterima kasih atas dukungan masyarakat sipil yang sudah membantu kerja kerja KKR Aceh.(yos) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id