MIK Unsyiah dan Kobe University Galang Beasiswa | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

MIK Unsyiah dan Kobe University Galang Beasiswa

MIK Unsyiah dan Kobe University Galang Beasiswa
Foto MIK Unsyiah dan Kobe University Galang Beasiswa

BANDA ACEH – Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (MIK PPs Unsyiah) mulai tahun akademik 2017-2018 mempererat hubungan dengan universitas luar negeri melalui kerja sama dengan Kobe University, Jepang. Lulusannya akan diberikan dua gelar, yaitu MSi dari Unsyiah dan MEng dalam bidang kebencanaan dari Kobe University.

Ketua Prodi Magister Ilmu Kebencanaan Unsyiah, Dr Nazli MSi kepada Serambi di Banda Aceh, Selasa (20/6) mengatakan, program tersebut diprioritaskan untuk mahasiswa yang mendaftar tahun akademik 2017-2018 pada Prodi MIK.

Dari serangkaian hasil diskusi yang diadakan di Kobe dan Banda Aceh antara Kobe University yang diwakili oleh Dr Oishi Satoru MEng dan Tim Unsyiah, kata Nazli, disepakati bahwa kerja sama beasiswa dalam bentuk program double degree (gelar ganda).

Program ini juga telah dipaparkan pada Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Jakarta oleh Rektor Unsyiah Prof Dr Samsul Rizal MEng pada Februari 2017. Peserta program ini pada semester pertama mengikuti kuliah di Prodi MIK Unsyiah, semester kedua dan ketiga di Kobe University Jepang. Semester IV kembali lagi di Prodi MIK untuk menyelesaikan sisa mata kuliah dan tesis. Proyek akhir berupa tesis nantinya akan dibimbing oleh supervisor dari Kobe University dan Unsyiah.

Mahasiswa peserta double degree program, lanjut Nazli, harus menyelesaikan sejumlah mata kuliah pada semester pertama di Program MIK Unsyiah. 11 SKS di antaranya dapat diakui sebagai kredit transfer di Kobe University. Sedangkan pada semester kedua dan ketiga mahasiswa peserta Double Degree Program MIK Unsyiah-Kobe University diwajibkan menyelesaikan 13 SKS di Jepang pada beberapa prodi yang ditunjuk sesuai dengan latar belakang pendidikan S1 mereka.

Selain itu, terdapat 2 SKS mata kuliah seminar dan 4 SKS tesis dalam topik teknik mitigasi bencana. “Setelah menyelesaikan kuliah, lulusan diberikan dua gelar, yaitu MSi dari Unsyiah dan MEng dalam bidang kebencanaan dari Kobe University,” ujar Nazli.

Disebutkan juga, pada akhir semester 1 mahasiswa yang berminat dengan program Double Gegree Unsyiah-Kobe University akan diseleksi kembali dengan wawancara dalam bahasa Inggris oleh tim seleksi dari kedua universitas. Peserta yang memenuhi syarat akan dikirimkan ke Kobe University setelah melalui proses pembekalan.

Untuk dapat mengikuti program double degree ini, peserta diwajibkan mendaftar seperti biasa pada Prodi MIK Unsyiah. Jadwal pendaftaran sebagai mahasiswa Prodi MIK mulai 20 Maret-12 Juli 2017.

Bagi calon mahasiswa dari luar daerah dapat mendaftar melalui website resmi program pascasarjana Unsyiah tidak harus ke Banda Aceh. Metode pendaftaran untuk tahun 2017-2018 disediakan dua pilihan, yaitu dengan mengikuti tes. Untuk seleksi tanpa tes peserta diwajibkan memiliki nilai TPA dari Bappenas dan Nilai TOEFL ITP.(dik) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id