PLN Sudah Bayar Dana Kompensasi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

PLN Sudah Bayar Dana Kompensasi

PLN Sudah Bayar Dana Kompensasi
Foto PLN Sudah Bayar Dana Kompensasi

BANDA ACEH – General Menajer PT PLN Wilayah Aceh, Jefri Rosiadi menegaskan pihaknya sudah membayar dana kompensasi atas pemadaman listrik pada bulan Mei 2017.

Penegasan itu disampaikan Jefri kepada Serambi, Senin (19/6) menanggapi tudingan pelanggan yang menyebut PLN bohong karena tak membayar dana kompensasi atas pemadaman listrik pada bulan Mei sebagaimana dijanjikan GM PLN Aceh melalui konferensi pers pada 31 Mei 2017 yang kemudian dilansir berbagai media.

Salah seorang pelanggan yang merasa sangat dikecewakan adalah Irwansyah, warga Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya yang juga anggota DPRK Banda Aceh. Irwansyah terang-terangan menyebut PLN telah membohongi masyarakat Aceh sambil membeberkan fakta-fakta yang ditelusurinya.

Terhadap tudingan itu, General Manajer PLN Aceh menjelaskan, jumlah pelanggan yang telah menerima dana kompensasi sebanyak 346.929 pelanggan atau 26,27 persen dari 1.320.167 jumlah total pelanggan listrik PLN di Aceh. Nilai pembayaran kompensasi mencapai Rp 3,7 miliar.

Menurut Jefri, PLN tidak membohongi pelangganya. Untuk pelanggan listrik paska bayar, jumlah pelanggan yang sudah menerima kompensasi mencapai 286.795 pelanggan dengan nilai Rp 2,952 miliar. Sedangkan pelanggan prabayar yang sudah menerima berjumlah 60.134 pelanggan dengan nilai Rp 756,038 juta.

Pelanggan yang telah menerima pembayaran dana kompensasi tersebar di 20 rayon atau daerah pelayanan di masing-masing kabupaten/kota.

Jefri mencontohkan, Rayon Merduati Kota Banda Aceh, pelanggan listrik paska bayar yang telah menerima kompensasi mencapai 29.516 pelanggan dengan nilai dana Rp 1,033 miliar dan pelanggan prabayar 5.121 pelanggan dengan nilai Rp 134,8 juta.

Rayon Kota Sigli, pelanggan paska bayar yang telah menerima kompensasi 43.563 pelanggan dengan nilai Rp 339,542 juta dan prabayar 18.486 pelanggan dengan nilai Rp 213,451 juta.

Rayon Bireuen, pelanggan paska bayar yang sudah terima kompensasi 34.954 orang dengan nilai Rp 218,394 juta dan prabayar 13.248 pelanggan dengan nilai Rp 123,8 juta.

Rayon Kota Meulaboh untuk paska bayar sebanyak 10.687 pelanggan dengan nilai Rp 66,5 juta dan prabayar belum ada. “Pembayaran dana kompensasi juga sudah dilakukan di 16 rayon PLN lainnya,” kata Jefri.

Pihak PLN, kata Jufri, sangat menyesalkan pernyataan anggota DPRK Banda Aceh, Irwansyah yang terlalu cepat memberikan pernyataan bohong untuk PLN sebelum melakukan konfirmasi.

Jefri mengatakan, pembayaran dana kompensasi bagi pelanggan listrik paska bayar atau nontoken tidak bisa dilihat langsung dalam struk pembayaran rekening listrik bulan Mei karena dalam struk itu tidak diperlihatkan rinciannya.

Untuk mengetahui apakah PLN sudah membayar atau belum harus membawa struk pembayaran rekening bulan Mei ke kantor pelayanan di masing-masing daerahnya dan minta petugas mem-prin invoice rincian pembayaran rekening bulan Mei.

Jefri menjelaskan, pelanggan yang diberikan dana kompensasi adalah yang jumlah pemadaman listrik dalam satu bulan mencapai di atas 10 jam. Yang tidak mencapai jumlah itu tidak diberikan.

Dalam satu daerah, katanya, bisa saja ada pelanggan yang dapat kompensasi dan ada yang tidak. Contohnya di Kota Banda Aceh, ada satu kecamatan pemadaman bergilirnya dalam satu bulan bisa tujuh kali dan jumlah waktu pemadaman bergilirnya mencapai di atas 10 jam. Tapi ada juga kecamatan yang terjadi pemadaman listrik tujuh kali dalam sebulan tapi lama pemadaman dalam satu bulan belum mencapai di atas 10 jam. “Biasanya pelanggan seperti itu berada di lokasi strategis seperti kompleks rumah sakit, pendopo gubernur, kompleks Kodam, Polda, dan lainnya,” kata Jefri.

Dana kompensasi untuk pelanggan berbeda antara satu dengan lainnya atau tergantung daya terpasang. Misalnya, pelaggan yang dengan daya terpasang R1/1.300 VA akan mendapat dana konpensasai Rp 26.704.

Untuk jenis listrik subsidi, 450-900 VA, pemberian dana kompensasinya hanya 20 persen dari tarif terendahnya yaitu 40 jam menyala.

Sedangkan untuk pelanggan listrik prabayar, kompensasinya bisa dilihat langsung pada saat beli token listrik di ATM atau tempat-tempat penjulan token listrik.

Dalam struk tersebut, kalau daya listrik di rumah R1/220 VA, beli token Rp 202.500 akan mendapat 125,1 Kwh ditambah dana kompensasi atas pemadaman listrik bulan Mei sebanyak 28 Kwh.(her) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id