“Sangat Mudah Peroleh Senjata Api di Aceh” | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

“Sangat Mudah Peroleh Senjata Api di Aceh”

Foto “Sangat Mudah Peroleh Senjata Api di Aceh”

BANDA ACEH – Pengamat Keamanan Aceh, Aryos Nivada mengatakan peredaran senjata ilegal di Aceh saat ini sangat banyak hingga mudah memperolehnya. Hal itu karena Aceh sebagai daerah bekas konflik serta letaknya secara geografis yang memudahkan dilakukan penyelundupan.

Aryos Nivada mengatakan itu saat menjadi narasumber pada rubrik Cakrawala Radio Serambi FM 90,2 MHz, Senin (14/3) membedah Salam Serambi berjudul ‘Senpi Ilegal Mengapa Terus Ada di Aceh.’ Talkshow yang dipandu host Vera Artega tersebut juga menghadirkan dua narasumber lain yaitu Waredpel Harian Serambi Indonesia Nasir Nurdin dan Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe, AKP Yasir SE.

“Selain senjata sisa konflik yang masih beredar, letak Aceh yang berada di antara Selat Malaka dan Samudera Hindia, membuka peluang dilakukan penyeludupan senjata melalu jalur laut,” ujar Aryos.

Biasanya, lanjur Aryos, modus pelaku untuk mengelabui petugas, yakni dengan mengikat senjata di bawah boat sehingga lolos dari pantauan. Bahkan, senjata juga dapat masuk melalui provinsi tetangga, Sumatera Utara.

Namun menurutnya, banyak peredaran senjata juga disebabkan oleh regulasi yang memudahkan warga sipil memilikinya. Maka, negara seharusnya mengevaluasi regulasi ini, terutama kriteria orang yang layak diberi izin menggunakan senjata.

Terkait upaya pemasokan senjata ke LP, Aryos menilai karena orang di dalam itu masih memiliki koneksi di luar LP. Dikatakan, biasanya mereka merupakan bagian dari jaringan peredaran narkoba.

“Bisa juga adanya praktik jual beli senjata di LP yang tujuannya untuk mengamankan bisnis narkoba yang dikendalikan dari dalam LP. Tentu sudah rahasia umum jika bisnis narkoba ada yang dikendalakan dari dalam tahanan,” demikian Aryos Nivada.(mun) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id