KIP Aceh Klarifikasi Anggota KIP Aceh Timur Jilid I | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

KIP Aceh Klarifikasi Anggota KIP Aceh Timur Jilid I

Foto KIP Aceh Klarifikasi Anggota KIP Aceh Timur Jilid I

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, melakukan klarifikasi terhadap lima anggota KIP Aceh Timur jilid I atau hasil usulan Komisi A DPRK Aceh Timur. Permintaan klarifikasi yang berlangsung di Kantor KIP Aceh, Senin (14/3) ini, dilakukan untuk menindaklanjuti surat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat.

Wakil Ketua KIP Aceh, Basri M Sabi kepada Serambi kemarin mengatakan, pihaknya sudah dua kali menerima perintah KPU Pusat untuk melakukan klarifikasi dan verifikasi KIP Aceh Timur. Perintah itu diterima pasca turunnya surat KPU Pusat tentang tindaklanjut putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan SK KIP Aceh Timur Jilid II atas nama Ismail dan kawan-kawan.

Pertama KPU meminta KIP Aceh mengklarifikasi anggota KIP Aceh Timur jilid I sesuai dengan Pasal 17 Qanun Nomor 7/2007 tentang tatacara pengusulan anggota KIP. Kedua KIP Aceh diminta melakukan klarifikasi dan verifikasi anggota KIP Aceh Timur jilid I sesuai dengan Pasal 9 Qanun 7/2007 terkait kelengkapan syarat adminitrasi anggota KIP.

Kelima anggota KIP Aceh Timur jilid I yang diminta klarifikasi adalah Drs Ridwan Suud, Syahrul SSosI, Ilyas SPdI, Ismail SAg, dan Safwan SAg MH. Klarifikasi itu dilakukan oleh tim sekretaris yang dibentuk oleh komisioner KIP Aceh di Kantor KIP Aceh, Banda Aceh.

“KPU ingin mengetahui orang-orang yang disuruh SK kan oleh Mahkamah Agung apakah pernah diusulkan melalui paripurna DPRK atau tidak. Setelah dilakukan klarifikasi, kemudian hasilnya nanti kita sampaikan ke KPU dalam waktu secepat mungkin. Kita tidak ada kewenangan mengambil keputusan karena itu kewenangan KPU,” katanya.

Wakil Ketua KIP Aceh, Basri M Sabi juga menyebutkan bahwa persoalan yang sama juga dialami oleh KIP Nagan Raya. Tapi bedanya, KPU memerintahkan DPRK setempat untuk melakukan pemilihan ulang calon anggota KIP Nagan Raya sesuai dengan putusan MA.

“Persoalan KIP Nagan Raya sesuai surat KPU meminta DPRK Nagan Raya mengusulkan kembali lima calon sesuai dengan Pasal 17 Qanun Nomor 7/2007. Namun, hingga saat ini DPRK belum melakukan proses pengusulan itu. Kita beharap proses ini cepat seleseai mengingat kita akan memasuki tahapan pilkada serentak,” katanya.(mas) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id