Iuran BPJS Naik, Pemerintah Diminta Tambah Anggaran | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Iuran BPJS Naik, Pemerintah Diminta Tambah Anggaran

  • Reporter:
  • Selasa, Maret 15, 2016
Foto Iuran BPJS Naik, Pemerintah Diminta Tambah Anggaran

BANDA ACEH – Anggota Komisi VI DPRA, Zaenal Abidin meminta Pemerintah Aceh untuk menyikapi kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mulai 1 April mendatang, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016. Pemerintah Aceh diminta proaktif dengan menambah anggaran untuk menutup tambahan iuran tersebut

Menurut Zaenal, dalam APBA 2016 Pemerintah Aceh telah menganggarkan iuran BPJS Rp 537 miliar, jumlah tersebut untuk dua juta jiwa lebih masyarakat Aceh. Sedangkan iuran BPJS yang sebelumnya Rp 19.225 per jiwa naik menjadi Rp 23.000 per jiwa, berarti Pemerintah Aceh harus menambah anggaran untuk menutup kekurangan iuaran BPJS bagi masyarakat Aceh Rp 150 miliar.

“Jumlah ini harus dianggarkan untuk menutup kekurangan iuran tersebut. Kita minta pemerintah proaktif untuk menyikapi hal ini. Kita meminta Pemerintah Aceh menyurati BPJS agar kekuragan dana itu bisa ditanggung Pemerintah Pusat melalui APBN,” kata Zaenal Abidin kepada Serambi, Senin (14/3).

Selain mendesak pemerintah untuk serius menyikapi persolan kenaikan iuaran BPJS, Zaenal juga meminta Pemerintah Aceh menyurati perusahaan-perusahaan di Aceh untuk menanggung tambahan iuran kesehatan bagi para pekerjanya. “Kita juga berencana untuk menyampaikan persoalan ini kepada Pimpinan DPRA untuk mengundang pimpinan BPJS guna membicarakan persoalan ini,” pungkas Zaenal Abidin.

Seperti diketahui, sesuai Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan menaikkan iuran peserta mandiri atau pekerja bukan penerima upah mulai 1 April mendatang. (dan) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id