Kemarau, Hutan Rentan Terbakar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kemarau, Hutan Rentan Terbakar

Foto Kemarau, Hutan Rentan Terbakar

BANDA ACEH – Kepala Seksi Data dan Informasi (Datin) BMKG Bandara Sultan Iskandarmuda Blangbintang, Zakaria SE mengatakan, musim kemarau yang sedang berlangsung, dikhawatirkan sebagian besar kawasan hutan di Aceh, seperti Lhoknga, Pulau Aceh, Sabang, Banda Aceh, sebagian Aceh Besar dan kabupaten lainnya sangat rentan kebakaran. “Kondisi ini, terjadi karena curah hujan daerah tersebut sangat sedikit,” kata Zakaria, kepada Serambi, Senin (14/3).

Kecuali itu, prediksi cuaca selama 3-4 hari kedepan mengimbau masyarakat yang daerah petensi rentan kebakaran, supaya benar-benar menjaga untuk tidak melakukam pembakaran tanpa penjagaan. “Apa lagi membuka dan membersihkan lahan dengan cara membakar hutan, sangat dilarang,” imbaunya.

Selain itu, warga yang bermukim di wilayah Barat Selatan Aceh, mawasdiri terhadap perubahan cuaca ekstrem selama beberapa hari ke depan. “Karena, hujan berintensitas sedang hingga lebat diserta angin kencang, berpotensi landa kawasan tersebut,” jelas Zakaria,

Menurut Zakaria, kondisi cuaca yang cenderung berubah ekstrem di awal musim kemarau ini terjadi, bersamaan masih tingginya suhu muka laut, yaitu berkisar antara 27-30 derajat selsius. Dengan anomali suhu muka laut (0,5 – +2.0 derajat selsius dan anomali positif, termasuk di Samudra Hindia Barat Sumatera dan Selat Malaka. Angin gradien wilayah Indonesia umumnya bertiup dari Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan lima 05 – 46 kilometer per jam. Namun, untuk wilayah Aceh terjadi perlambatan dimana kecepatan angin berkisar antara 3 – 38 kilometer per jam.

Begitu juga bila dilihat RH (Relativ Huminity) lapisan udara atas sampai 10.000 feet di atas wilayah Aceh umumnya tinggi, yaitu antara 70 hingga 100 persen. Maka dengan melihat dan menganalisis pariabel diatas BMKG Aceh memperkirakan 3 – 4 hari kedepan:

Ia menambahkan, secara umum berawan banyak hingga hujan ringan. Namun untuk daerah Barat Selatan Aceh, masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Kecuali itu, angin yang bertiup dari timur laut hingga timur dengan kecepatan 3 – 38 km/jam.

Gelombang laut perairan Aceh secara umum berkisar antara 0.5 – 1,25 meter. Namun, untuk perairan Sabang bagian Barat dan Utara sampai Selat Malaka bagian Utara, Pulau Aceh bagian Selatan dan Barat, juga Perairan Simeulu bagian Selatan tinggi gelombang laut 1 – 2 meter.(awi) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id