DPRK Galus Tetapkan Bupati Terpilih | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

DPRK Galus Tetapkan Bupati Terpilih

DPRK Galus Tetapkan Bupati Terpilih
Foto DPRK Galus Tetapkan Bupati Terpilih

* Minta Tepati Janji Kampanye

BLANGKEJEREN – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Gayo Lues (Galus) menetapkan bupati dan wakil bupati (wabup) terpilih untuk periode 2017-2022. Pasangan itu, Muhammad Amru/Said Sani akan menggantikan pasangan Bupati Ibnu Hasim dan wabup Adam SE yang akan mengakhiri masa jabatan keduanya pada 25 September 2017.

Dewan menggelar sidang rapat paripurna istimewa untuk mengumumkan bupati terpilih, sekaligus pengumuman akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati Galus periode 2012-2017 di gedung DPRK, Blangkejeren, Jumat (16/6). Pimpinan sidang, Ketua DPRK Galus, H Ali Husin SH dalam amanatnya meminta bupati dan wakil bupati terpilih menepati janji selama kampanye.

Dia berharap, keduanya juga harus menjalankan visi dan misi yang telah disampaikan ke masyarakat, sehingga akan mampu menjalankan program pembangunan dengan baik. Disebutkan, pasangan Ibnu Hasim dan Adam SE akan berakhir pada 25 September 2017 dan hal itu sesuai dengan peraturan Mendagri.

“Pengumuman penetapan bupati dan wabup Galus terpilih sesuai dengan perolehan suara pasangan nomor urut 3 yang meraih 30 persen dari 32 ribu suara yang sah,” kata Ali Husin. Dia menjelaskan seusai penetapan ini, maka akan diteruskan ke Gubernur Aceh untuk proses penetapan pelantikan.

Sedangkan Wakil Bupati Galus terpilih, H Said Sani kepada Serambi mengatakan akan menjalankan amanah sesuai dengan visi dan misi yang telah disampaikan ke masyarakat. Dia menegaskan kemenangan ini untuk seluruh rakyat Galus dan tidak ada istilah anak-tiri dalam pembangunan atau juga jabatan seseorang.

“Tidak ada istilah orang ini, dari kampung ini atau dari kampung itu, tetapi siapa yang mampu mengisi jabatan maka akan ditempatkan orang-orang yang memiliki SDM handal,” katanya. Dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menggunakan hak pilih pada Pilkada 2017, baik pada 15 Februari maupun PSU di lima TPS pasca putusan MK.

Sebelumnya, pasangan H M Amru dan Said Sani dipastikan akan menjadi nakhoda baru Kabupaten Gayo Lues untuk lima tahun ke depan (periode 2017-2022). Kepastian ini diperoleh menyusul ditetapkannya hasil akhir pemungutan suara Pilkada Gayo Lues oleh Mahkamah Konstitusi (MK), di Ruang Sidang Utama Gedung MK, Jakarta, Senin (12/6).

MK juga memerintahkan, paling lambat tiga hari setelah pembacaan putusan MK, harus sudah dilakukan penetapan pemenang oleh KIP Gayo Lues. Ketua KIP Gayo Lues, Alfin Anhar mengatakan, sidang pleno pentapan bupati terpilih dijadwalkan pada hari Rabu 14 Juni 2017.

“Kita langsung laksanakan putusan MK ini sesuai dengan yang diperintahkan,” kata Alfin Anhar seusai sidang. Selanjutnya, hasil penetapan pleno KIP, diserahkan kepada DPRK Gayo Lues untuk diparipurnakan, dan hasilnya diteruskan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Aceh. “Nanti Mendagri akan mengeluarkan SK Bupati dan Wakil Bupati Periode 2017-2022,” kata Alfin.(c40)

proses pelantikan
* Ditetapkan KIP 14 Juni
* Penetapan DPRK 16 Juni
* Diteruskan ke gubernur
* Ditetapkan Mendagri
* Jadwal pelantikan?
* 25 September 2017 (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id