Anak Aceh Main di Timor Leste | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Anak Aceh Main di Timor Leste

Foto Anak Aceh Main di Timor Leste

KIPER Rahmanuddin menjadi pemain Aceh pertama yang bergabung dengan klub Assalam FC yang berkiprah di Liga Futebol Amadora (LFA) di Timor Leste. Alumni Paraguay ini merupakan satu-satunya pemain Indonesia di klub tersebut. Sejumlah pemain Indonesia juga sudah dikontrak oleh klub lain di bumi Timor Lorosa’e setelah kompetisi terhenti di Tanah Air.

Dalam wawancara dengan Serambi kemarin, penjaga gawang asal Alue Mie, Lamno, Aceh Jaya ini mengatakan, bermain di Timor Leste akibat di Indonesia tak bergulir kompetisi. Apalagi, dirinya mendapat tawaran langsung dari Pelatih Assalam FC, Simon Pablo Elissetche. Mantan pelatih PSSB Bireuen ini mengajak Rahmanuddin ke bekas provinsi ke-27 Indonesia. Ia pun terbang dengan rute Banda Aceh, Batam, Bali dan Dili, Timor Leste, Jumat (4/3). “Assalam FC salah satu klub Islam yang sedang ikut kualifikasi untuk naik kasta pertama,” ujar Rahmanuddin.

Menurut Rahmanuddin, pemain asing di Assalam FC hanya dirinya bersama dengan striker asal Chile, Christian Alejandro Gonzalez. Di klub tersebut dirinya menggunakan bahasa Tetum dan Indonesia. Ia juga sedang berusaha belajar memahami bahasa Tetum yang hampir sama dengan Portugis atau sekarang Portugal. Meski mampu berkomunikasi dengan bahasa Spanyol saat menimba ilmu tiga tahun di Paraguay, ternyata berbeda dengan bahasa Tetum. “Bahasa Indonesia bisa juga sedikit orang Timor Leste. Jadi, tak ada masalah dengan bahasa di sini. Alhamdulillah lancar,” ujarnya.

Meski baru bergabung, kata Rahmanuddin, dirinya langsung mendapat kepercayaan menjadi starter di laga perdana melawan FC Lica. Dari foto-foto yang dikirim ke Serambi, terlihat mantan kiper Semen Padang ini beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang gawangnya dari serbuan FC Lica. Penampilan gemilang Rahmanuddin bersama pemain Assalam FC mampu meraih kemenangan dengan skor, 3-2, Minggu (13/3). Kiprah Rahmanuddin akan kembali dibuktikan saat melawan Kaplaki FC, Selasa (5/4). “Saya bertekad untuk membawa Assalam FC ke kasta pertama,” ujarnya.

Untuk saat ini, Rahmanuddin mengaku ingin fokus di Liga Timor Leste dulu. Karena dirinya sedang terikat kontrak setahun dengan Assalam FC. Makanya akan memberikan yang terbaik untuk klub ini. Ia juga menjawab terus terang soal gajinya lebih besar dari pada klub sebelumnya di Indonesia bila dirupiahkan. Kini dia tak memikirkan dulu balik ke Indonesia bila kompetisi bergulir kembali. “Bila bagus di sini bisa ditambah kontraknya,” ujarnya yang tinggal satu rumah di Kota Dili bersama Pelatih Simon, dan Alejandro.(muhammad hadi) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id