THR Pegawai Dibayar 19 Juni | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

THR Pegawai Dibayar 19 Juni

THR Pegawai Dibayar 19 Juni
Foto THR Pegawai Dibayar 19 Juni

BIREUEN – Gaji 14 atau tunjangan hari raya (THR) untuk pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Bireuen, Pemko Lhokseumawe, dan Pemkab Aceh Utara, akan dibayar pada Senin (19/6).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Bireuen, Drs Tarmidi MSi kepada Serambi, Kamis (15/6) mengatakan, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang berisi ketentuan pembayarakan gaji ke 13 dan 14, baru saja diterima pihaknya.

“Dari dua item tersebut, gaji ke 14 sekarang diistilahkan sebagai THR akan dibayar hari Senin. Sedangkan gaji ke 13 (gaji penuh) akan dibayar pada minggu pertama bulan Juli usai Hari Raya Idul Fitri,” kata Tarmidi.

Saat ini, katanya, BPKD Bireuen sudah menyampaikan Surat Perintah Membayar (SPM) ke masing-masing dinas dan akan diteruskan ke bank, agar proses pencairannya bisa dilakukan Senin 19 Juni. “Masing-masing dinas sedang mempersiapkan data besarnya nilai gaji ke 14 atau THR serta besarnya pajak yang dipotong dari yang diterima nantinya,” ujar Tarmidi.

Kepala DPKAD Lhokseumawe Azwar juga mengatakan, pihaknya akan menyalurkan gaji 14 bagi empat ribuan PNS pada Senin (19/6). “Penyaluran akan kita lakukan serentak dan mulai hari ini kami sudah minta SKPD mengajukan amprahan. Kebutuhan gaji 14 mencapai 13 miliar rupiah,” demikian Azwar.

Sementara Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Aceh Utara, M Nasir kepada Serambi menyebutkan, pencairan gaji 14 atau THR untuk PNS di Aceh Utara tergantung kesiapan pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM), yang mulai disusun kemarin.

Jika SPM tersebut bisa ajukan Jumat, kemungkinan besar pada 19 Juni sudah dapat dicairkan. Tapi jika pada 19 Juni baru diajukan SPM-nya, tentu tidak bisa langsung dicairkan karena butuh waktu bagi petugas untuk memeriksanya.

“Kemungkinan gaji 14 itu sudah dapat kita cairkan tanggal 21 Juni, jika berkasnya sudah diselesaikan oleh SKPK. Karena penyusunannya di instansi masing-masing, pencairan baru di BPKD,” demikian M Nasir.

Sementara Taspen Lhokseumawe juga menyalurkan gaji 13 bagi 23 ribu pensiunan di 10 kabupaten/kota wilayah kerjanya. Para pensiunan sudah bisa mendatangi mitra bayar di daerah masing-masing pada 19 Juni, karena mulai kemarin Taspen Lhokseumawe sudah mengirim daftar pembayaran dana pensiun ke sejumlah bank dan mitra bayar.

Sepuluh kabupaten/kota yang masuk dalam wilayah kerja Taspen Lhokseumawe adalah Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Kota Langsa, Bireuen, Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara.

Kepala Taspen Cabang Lhokseumawe, Khairul menyebutkan, pembayaran gaji 13 pensiunan itu berdasarkan PP 23 Tahun 2017 dan PMK 74 tahun 2017 yang diterima pihaknya Rabu (15/6). Gaji 13 yang harus dibayar berupa pensiunan pokok, ditambah tunjangan istri dan anak. Untuk 23 ribu lebih pensiun itu membutuhkan dana sekitar 48 miliar rupiah.

“Bagi pensiunan yang selama ini mengambil dana pensiun di kantor Pos, silakan mengambil gaji 13 di kantor Pos, begitu juga yang selama ini mengambil gaji pensiun di bank, silakan datang ke bank tersebut pada 19 Juni ini. Gaji pensiun 13 ini utuh diterima para pensiunan, tanpa ada potongan,” demikian Khairul.(bah/yus/jaf) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id