Warga Terima Raskin Busuk | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga Terima Raskin Busuk

Warga Terima Raskin Busuk
Foto Warga Terima Raskin Busuk

BIREUEN – Sejumlah masyarakat miskin di Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, mendapatkan beras miskin (raskin) busuk yang disalurkan Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Drive Lhokseumawe, Rabu (14/6). Raskin yang diterima berbau busuk, kotor, berdedak, bahkan sudah berlumut.

Seorang penerima raskin warga Teupin Siron, Gandapura, Murni kepada Serambi mengatakan, keluarganya menerima raskin yang diantar petugas gampong. Raskin kali ini kondisinya sangat memprihatinkan. “Beras yang kami terima sudah berbau busuk, kotor dan berdedak. Jangankan untuk manusia, rasanya untuk makanan ayam pun tak layak,” ujarnya.

Bila beras yang disalurkan Bulog seperti itu, katanya, dipastikan masyarakat yang mengkonsumsinya akan menderita penyakit. Tetapi, karena terpaksa, sebagian masyarakat miskin setempat tetap memasaknya untuk makan saat berbuka puasa.

“Ada warga yang tetap memasaknya untuk dimakan, sebab tidak mampu membeli beras di pasar. Ada juga warga yang memberikan untuk ternak ayam, dan sebagian lainnya menjualnya ke pedagang beras dengan harga sangat murah,” kata Murni.

Kondisi raskin yang berbau busuk itu diakui Camat Gandapura, Yusri. Pihaknya kini tidak lagi menyalurkan raskin itu. Raskin yang belum disalurkan ke desa kini disimpan di gudang. “Kami sudah meminta keuchik untuk mengembalikan raskin yang busuk itu ke kantor camat dan jangan disalurkan ke masyarakat,” kat Yusri.

Informasi lain yang dihimpun Serambi, raskin tidak layak konsumsi itu sebelumnya juga hendak disalurkan kepada masyarakat miskin di Kecamatan Peudada dan Simpang Mamplam. Tapi camat setempat menolak menerimanya lalu dikembalikan ke Bulog Lhokseumawe untuk diganti.

Mendapat laporan adanya raskin busuk yang disalurkan Bulog, Bupati Bireuen Ruslan langsung meninjau ke Kantor Camat Gandapura. Ia sangat menyesalkan sikap Bulog yang menyalurkan raskin tidak layak konsumsi itu.

“Sangat kita sesalkan, karena raskin itu kita beli dari Bulog untuk kita salurkan kepada masyarakat. Tapi Bulog menyalurkan beras busuk. Kita minta Bulog segera mengganti beras itu dengan beras yang layak konsumsi,” pinta Ruslan.

Bupati juga meminta masyarakat yang sudah menerima raskin busuk itu, segera mengembalikannya ke kantor camat untuk dikembalikan ke Bulog. “Saya imbau camat dan keuchik, saat menerima beras raskin dari Bulog, periksa dulu berasnya, jika tidak layak konsumsi jangan salurkan kepada masyarakat,” demikian Bupati Ruslan.(c38) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id