Ini Dia “Pomeurah Meuseudati” Pemenang Lomba Maskot PKA VII 2018 | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ini Dia “Pomeurah Meuseudati” Pemenang Lomba Maskot PKA VII 2018

  • Reporter:
  • Rabu, Juni 14, 2017
Ini Dia “Pomeurah Meuseudati” Pemenang Lomba Maskot PKA VII 2018
Foto Ini Dia “Pomeurah Meuseudati” Pemenang Lomba Maskot PKA VII 2018

URI.co.id, BANDA ACEH – “Pomeurah Meuseudati” karya desainer grafis Jalaluddin Ismail terpilih sebagai pemenang lomba cipta Maskot Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII 2018.

Maskot ini menyisihkan 73 karya peserta lain dari Aceh dan luar Aceh, sehingga akan diluncurkan sebagai maskot PKA VII oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh nantinya.

Baca: Pomeurah Meuseudati Karya Addin Jadi Maskot PKA VII

Banyak pihak bertanya-tanya bagaimana bentuk “Pomeurah Meuseudati” itu?

Pihak Disbudpar Aceh, dalam siaran pers kepada URI.co.id mengatakan, maskot terpilih juara I ini mempunyai unsur adat dan budaya Aceh yang sangat kental, yaitu memadukan ikon gajah putih yang terkenal di zaman Kerajaan Aceh dengan tarian seudati.

Selain itu, juga memadukan atribut penari seudati lengkap dengan kupiah meukeutop yang kian membuat maskot ini mewakili berbagai adat dan budaya Aceh yang harus dijaga dan dilestarikan.

Kepada URI.co.id, Rabu (14/6/207), Jalaluddin Ismail yang akrab disapa Addin maskot ini terinspirasi dari beberapa instansi dan perusahaan besar di Aceh yang menggunakan gajah putih sebagai lambangnya.

Seperti diketahui, di antara instansi dan perusahaan yang menggunakan gajah putih sebagai lambang adalah Kodam Iskandar Muda, Semen Andalas, dan PT Pupuk Iskandar Muda.

Selain itu juga didasari keinginan untuk lebih mempopulerkan lagi kebanggaan Aceh terhadap gajah putih yang pernah menjadi ikon kerajaan Aceh masa lalu.

“Selama ini, sangat jarang kegiatan budaya di Aceh yang menggunakan gajah putih sebagai maskot. Padahal hewan ini pernah memainkan peran besar di masa kejayaan Kerajaan Aceh Darussalam,” ujarnya.

Addin menyebutkan butuh waktu hingga dua minggu untuk mendesain maskot ini.

Adapun tujuan dari pemilihan gajah putih sebagai maskot, kata Addin, antara lain, agar maskot yang dirancang dalam bentuk komik/kartun ini mengakrabkan anak-anak yang akan menjadi generasi penerus dengan gajah yang merupakan ikon Aceh.

“Melalui maskot ini saya juga ingin mengajak masyarakat, terutama generasi muda untuk ikut menjaga dan melestarikan hewan gajah yang semakin terancam kehidupannya, juga populasinya yang semakin berkurang,” ungkap Addin.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Reza Fahlevi kepada URI.co.id, melalui pesan Whatsapp, Rabu (14/6/2017) mengatakan, maskot karya Jalaluddin Ismail yang memenangi lomba cipta maskot PKA VII 2018 ini akan diusulkan sebagai maskot resmi PKA VII yang dijadwalkan berlangsung pada, Agustus 2018.

“Ini adalah pemenang maskot PKA dan akan kita usulkan untuk menjadi maskot resmi PKA dan akan ada modifikasi sedikit dengan penambahan identitas PKA di maskot tersebut,” kata Reza Fahlevi. (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id