Unsyiah dan UIN Peringati Nuzulul Quran Bersama | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Unsyiah dan UIN Peringati Nuzulul Quran Bersama

Unsyiah dan UIN Peringati Nuzulul Quran Bersama
Foto Unsyiah dan UIN Peringati Nuzulul Quran Bersama

BANDA ACEH – Unsyiah dan UIN Ar-Raniry memperingati Nuzulul Quran bersama di Masjid Jamik Kampus Darussalam, Banda Aceh, Minggu (11/6) malam. Acara itu dirangkai dengan pelaksanaan Tarawih yang diimami Ustaz Hajarul Akbar Alhafiz SHI MA. Sementara ceramah Nuzulul Quran disampaikan Pimpinan Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII), KH Syuhada Bachri LC.

Wakil Rektor III Unsyiah, Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC dalam sambutannya menyampaikan, setiap tahun Unsyiah mengadakan beragam kegiatan yang dihimpun dalam program Ramadhan di Kampus (RDK). Kegiatan itu antara lain tarhib dan pawai Ramadhan, daurah Alquran, buka puasa dan sahur bersama, peringatan nuzulul quran, ngabuburit, dan qiyamullail.

“Tiap hari Unsyiah menyediakan 400 paket berbuka puasa dan 300 paket sahur untuk peserta daurah Alquran,” ujarnya. Karena itu, menurutnya, BKM Jamik Kampus Unsyiah atau panitia RDK membutuhkan dana sekitar Rp 225 juta untuk pelaksanaan rangkaian RDK bulan ini. Untuk itu, lanjut Alfiansyah, pihak BKM Masjid Jamik Kampus Unsyiah masih menerima sumbangan, khususnya untuk peserta tahfiz daurah Alquran. Bila dana yang terkumpul sudah sesuai dengan kebutuhan, maka siapapun yang akan menyumbang tidak diterima lagi.

“Bagi masyarakat yang mau berinfak dapat menyalurkannya melalui Bank Mandiri Syariah (BSM) dengan nomor rekening 7087046138 atas nama M Dekar. Panitia juga bersedia menjemput infak atau sedekah dengan menghubungi nomor Ketua BKM Prof Mustanir 081263107146 atau Ketua Panitia RDK Dr rer nat Ilham Maulana di nomor 081269026908,” ungkap Alfiansyah.

Ditambahkan, tahun ini bukan hanya mahasiswa Unsyiah yang terlibat dalam program RDK, tapi juga mahasiswa UIN Ar-Raniry masuk dalam panitia. Pendaftar program daurah Alquran tahun 2017 mencapai 800 orang, namun hanya 300-an orang yang diterima karena keterbatasan dari penyelenggara. “Peserta bukan hanya dari Aceh, tapi juga datang dari luar Aceh untuk menghafal Alquran di masjid Unsyiah,” pungkasnya.

Sementara itu, KH Syuhada Bachri dalam ceramahnya antara lain mengungkapkan, umat Islam hanya bisa bangkit bila berpegang teguh dan mengamalkan isi kandungan Alquran. Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada peserta daurah tahfiz Alquran oleh Wakil Rektor III Unsyiah. Turut hadir pada kegiatan ini Wakil Rektor IV, Dr Nazamuddin MA, Ketua LP2M, Prof Dr Hasanuddin, Ketua LP3M, Dr Ir Marwan, para dekan, dan ratusan jamaah lainnya. (jal) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id