Galus Tetapkan Zakat Fitrah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Galus Tetapkan Zakat Fitrah

Galus Tetapkan Zakat Fitrah
Foto Galus Tetapkan Zakat Fitrah

* Setakaran 10 Muk Susu

BLANGKEJEREN – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Blangkejeren, Gayo Lues (Galus) bersama instansi dan unsur terkait lainnya telah menetapkan besaran zakat fitrah dan fidiyah 1438 H. Ketetapan itu diambil seusai meninjau harga kebutuhan pokok di pasar Blangkejeren dan sekitarnya.

Kepala Kankemenag Blangkejeren, Drs Hasan Basri, kepada Serambi, Senin (12/6) mengatakan zakat fitrah terdiri dari empat golongan atau kategori. Untuk beras kualitas nomor satu, maka zakat fitrah sebesar Rp 29.000/jiwa, kualitas nomor dua Rp 27.000/jiwa, ketiga Rp 25.000/jiwa dan terendah Rp 20.000/jiwa.

Dia menjelaskan untuk fidiyah ditetapkan Rp 15.000/jiwa/hari sudah termasuk lauk pauk. Hasan Basri mengatakan beras yang dikonsumsi masyarakat, umumnnya beras nomor satu, tetapi berdasarkan kesepakatan dengan imam kampung (masjid) maka dimasukkan juga beras kategori dua dan tiga.

“Penetapan zakat fitrah tahun ini melalui musyawarah bersama MPU, Dinas Syariat Islam dan Kemenag,” ujarnya. Dia menjelaskan hasil musyawarah penetapan zakat fitrah sudah diposting di group WahtsApp (WA) Kakemenag dan akan disampaikan kepada imam Masjid di setiap desa dalam waktu dekat ini.

Disebutkan, jika zakat fitrah dibayar dengan uang untuk beras kategori I maka sebesar Rp 29.000/jiwa. Dikatakan, takaran beras diambil dari 10 muk susu, dari kategori nomor satu sampai terendah. “Berdasarkan pengalaman selama ini, masyarakat dan imam masjid di desa dominan memilih kategori kedua atau ketiga, yakni Rp 27.000/jiwa atau yang Rp 25.000/jiwa,” ujarnya.

Sebelumnya, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Gayo Lues (Galus) melalui keputusan bersama dengan Dinas Syariat Islam dan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) menetapkan zakat fitrah dan fidiyah 1437 H. Zakat fitrah itu berbentuk beras sebanyak 10 muk (kaleng) susu cap Bendera per jiwa.

Jika diuangkan dengan beras kualitas nomor satu, maka zakat fitrah sebesar Rp 29.000/jiwa dan kualitas beras nomor dua Rp 27.000/jiwa. Sedangkan untuk besaran fidiyah yakni Rp 20.000/hari atau setara 3/4 liter beras ditambah lauk pauk.

Kepala Kankemenag Blangkejeren, Drs Hasan Basri, kepada Serambi, Selasa (28/6/2016) mengatakan penetapan zakat fitrah dan fidiyah seusai tim melakukan survei dan penelitian langsung harga sembako, khususya beras di Pajak Pagi Blangkejeren. Dia menyebutkan, seusai data didapat, maka diambil nilai rata-rata harga besar di pasar.

“Zakat fitrah ditetapkan dengan beras sebanyak 10 muk susu cap Bendera, namun bila dibayar dengan uang berkisar Rp 27.000 hingga Rp 29.000 per jiwa,” jelas Hasan Basri didampingi Penyelenggara Syariah, Ali Hamzah SH.(c40) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id