Pemko Bangun Dapur dan Tenda | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pemko Bangun Dapur dan Tenda

Pemko Bangun Dapur dan Tenda
Foto Pemko Bangun Dapur dan Tenda

* Makanan Sahur pun Disediakan

PASCABENCANA kebakaran yang melanda Dusun Cepu Indah, Desa Subulussalam Timur, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, pemerintah setempat membangun tenda dan dapur umum untuk para korban. Tujuannya untuk menampung korban bencana kebakaran sekaligus sebagai sentra penyediaaan bahan makanan dalam bentuk dapur umum.

“Tadi Dinas Sosial dan BPBD sudah membangun tenda dan dapur umum untuk korban kebakaran,” kata Camat Simpang Kiri, M Jhoni Arizal kepada Serambi di Subulussalam, Minggu kemarin.

Menurut Camat Jhoni, jumlah rumah yang terbakar mencapai 18 unit dengan korban 91 jiwa. Lalu, 14 unit rumah lainnya terpaksa dirusak dan dibongkar demi mencegah rembetan si jago merah.

Jumlah korban yang rumahnya dirusak mencapai 65 jiwa. Meski tidak terbakar, namun rumah mereka hancur karena sengaja dirusak. Kini, para korban harus mengungsi ke rumah kerabat atau tetangga terdekat.

Camat Jhoni mengatakan, jika warga bersedia menginap di tenda, pemko telah menyiapkan fasilitasnya. Namun, tidak ada paksaan harus tinggal di tenda, sebab kebiasaan di Subulussalam jika ada kerabat atau tetangga yang tertimpa musibah, maka sanak famili mereka yang akan menampung, termasuk tetangga terdekat.

Untuk berbuka puasa para korban, Pemko Subulussalam menyiapkan 250 bungkus nasi plus minuman dan takjila. Sementara waktu, para korban akan mendapat bahan makanan dari dapur umum. Sedangkan bekal untuk sahur akan dimasak oleh petugas Tagana Dinas Sosial setempat di dapur umum.

Camat Simpang Kiri Jhoni menyatakan pihaknya sedang mengurus bantuan masa panik dari berbagai pihak, termasuk dari Provinsi Aceh. Kepala Seksi Bencana Sosial pada Dinas Sosial Aceh, Rohaya Hanum SE kepada Serambi tadi malam mengatakan bahwa Kadissos Aceh, Drs Alhudri MM, sudah memerintahkannya untuk segera berangkat ke Subulussalam dari Aceh Tenggara (yang dua hari lalu juga kebakaran), untuk mendata korban dan menyerahkan bantuan masa panik dari Pemerintah Aceh.

Rohaya Hanum berada di Aceh Tenggara kemarin untuk menyerahkan bantuan masa panik dari Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, kepada para korban kebakaran Agara, Jumat dan Sabtu lalu. (lid/dik) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id