Mahasiswa Unsyiah Ciptakan Robot Pointer | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mahasiswa Unsyiah Ciptakan Robot Pointer

Mahasiswa Unsyiah Ciptakan Robot Pointer
Foto Mahasiswa Unsyiah Ciptakan Robot Pointer

BANDA ACEH – Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) terus mengembangkan robot evakuasi korban bencana. Terbaru, tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang terdiri atas lima mahasiswa Teknik Elektro yaitu Bima Sakti, Syadza Sausan, Achmi Yuliani, Intan Permatasari, dan Hendrik Leo berhasil menciptakan Robot Pointer (RoPo), sebagai penunjuk jalan bagi tim pencari korban bencana gempa bumi.

Ketua Tim Pembuatan RoPo, Bima Sakti, Jumat (9/6) kepada Serambi kemarin mengatakan, RoPo dipersiapkan untuk mengikuti ajang PKM yang akan dilaksanakan di awal Juli 2017 di Unsyiah. “Dengan tiga sensor ultrasonik yang dimilikinya, RoPo mampu menunjukan rute teraman kepada tim evakuasi dengan mengirim visual ke pengguna,” katanya.

Dia menambahkan, pembuatan RoPo dilakukan di Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi, Fakultas Teknik Unsyiah, atas bimbingan Mohammad Syaryadhi ST MSc. Saat bencana, RoPo akan mengirimkan informasi mengenai rute yang paling aman untuk dilalui tim SAR dan rincian lokasi korban. Namun penggunaannya masih dibatasi pada bencana gempa bumi, karena robot ini belum mampu menjangkau lokasi banjir, longsor, dan lainnya.

“Setidaknya alat ini menjadi suatu terobosan baru dalam mitigasi bencana, mengingat Indonesia sendiri merupakan negara yang sangat sering mengalami bencana,” ujar Bima.

Pada bagian lain Bima Sakti juga mengatakan, bahwa RoPo akan terus dikembangkan agar penggunaannya bisa lebih luas dan bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya korban bencana.

Bima mengatakan, robot dikendalikan oleh seorang user (pengguna) melalui remote control. Informasi yang terekam RoPo lewat tiga sensor itu dikirimkan secara nirkabel oleh modul zigbee yang terpasang pada robot itu ke user. “Untuk sementara robotnya masih terbuka. Ke depan kami akan melakukan desain case pada robot,” tukasnya.(fit) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id