Mudik ke Sabang tanpa KMP BRR | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mudik ke Sabang tanpa KMP BRR

Mudik ke Sabang tanpa KMP BRR
Foto Mudik ke Sabang tanpa KMP BRR

* Meulaboh-Simeulue belum Ada Kapal

BANDA ACEH – Kapal Motor Penyeberangan (KMP) BRR yang selama ini melayani penyeberangan dari Pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan, Sabang dan sebaliknya akan naik dok, sehingga tak bisa melayani arus mudik Lebaran 2017 yang tinggal beberapa hari lagi. Akibatnya penyeberangan ke Sabang dan sebaliknya hanya akan dilayani satu kapal ferry dan tiga kapal cepat.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Aceh, Drs Zulkarnain menyampaikan hal ini ketika menjawab Serambi seusai rapat Koordinasi Terpadu Penyeleggaraan Angkutan Lebaran 2017 di Kantor Dishub Aceh, Banda Aceh, Jumat (9/6). “Sebelumnya kapal ferry ada dua unit, tapi karena KMP BRR mau naik dok, untuk ferry hanya tersedia satu unit,” kata Zulkarnain.

Sedangkan untuk penyeberangan dari Meulaboh, Aceh Barat ke Simeulue dan sebaliknya, kata Zulkarnain belum tersedia kapal ferry karena yang biasanya beroperasi rute itu sedang naik dok. Namun, diharapkan sebelum masuk musim mudik mulai H-7 Lebaran, perbaikan kapal ferry itu bisa selesai, sehingga kembali bisa melayani rute tersebut. “Untuk rute penyeberangan lainnya aman. Misalnya Labuhan Haji-Simeulue dan sebaliknya, kapal ferry sudah tersedia masing-masing satu unit,” sebut Zulkarnain.

Adapun untuk penerbangan perintis, Zulkarnain mengatakan dilayani satu pesawat Susi Air yang jadwalnya bisa dilihat di Bandara SIM dan di masing-masing daerah. Rutenya antara lain Banda Aceh-Nagan Raya- Simeulue, Banda Aceh-Bener Meriah, Banda Aceh-Abdya, Banda Aceh-Tapaktuan, Banda Aceh-Singkil, dan lainnya.

Tes urine
Untuk tes urine para sopir bus angkutan lebaran yang selama ini dilakukan PT Jasa Raharja bekerja sama Dinas Kesehatan, Dishub dan Dirlantas Polda Aceh, kata Zulkarnain pada musim mudik angkutan Lebaran tahun ini akan dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Aceh.

Namun, jadwal dan lokasi tes urine sopir angkutan Lebaran yang akan dilakukan seluruh Aceh itu masih dirahasiakan. Tujuannya agar tak ada sopir pemakai narkoba yang lolos dari pemeriksaan karena jika ini terjadi, maka sangat rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Menurutnya, hal ini juga seperti disampaikan seorang perwakilan BNN Aceh yang hadir dalam rapat kemarin. (her) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id