Pupuk Bersubsidi Langka di Abdya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pupuk Bersubsidi Langka di Abdya

Pupuk Bersubsidi Langka di Abdya
Foto Pupuk Bersubsidi Langka di Abdya

BLANGPIDIE – Stok pupuk bersubsidi jenis NPK Ponskha dan ZA langka di Kabupaten Aceh Barat Daya. Pantauan Serambi kemarin, stok pupuk NPK Ponskha dan ZA tidak tersedia di kios-kios pengecer resmi kawasan Jalan H Ilyas dan Jalan Muslimin, Kota Blangpidie. Seperti di kios UD Cahaya Tani, Bunga Tani, Delima Tani dan Tani Makmur. Pedagang mengaku permintaan pupuk sangat tinggi, terutama jenis NPK Ponskha untuk kebutuhan pupuk padi berusia 20 sampai 30 hari.

“Ketika pupuk masuk, langsung diserbu petani, sehingga stok segera habis,” kata seorang pemilik kios. Para petani, khususnya di Kecamatan Blangpidie dan Susoh sibuk mencari pupuk NPK, tetapi sangat sulit diperoleh. “Kami butuh NPK tidak banyak hanya dua sak untuk tanaman padi, tetapi sudah cari sejak kemarin (Kamis) tidak dapat,” kata seorang wanita paruh baya kepada Serambi kemarin.

Dia mengaku sudah mencari pupuk bersubsidi tersebut di kios pengecer resmi di Kecamatan Susoh, namun tidak berhasil diperoleh. Seorang wanita lainnya dari Sangkalan, Susoh yang ditemui Serambi di depan kios UD Cayaha Tani, Blangpidie kemarin mengatakan. “Saya sudah capek bolak-balik ke kios-kios pengecer resmi, satu sak pupuk NPK tak ada,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Abdya Ir Muslim Hasan MSi kepada Serambi kemarin mengakui para petani sangat membutuhan pupuk, terutama NPK Ponskha untuk pertumbuhan akar, batang dan buah tanaman padi MT Gadu 2017 yang saat ini berumur 1 sampai 30 hari, tersebar dalam sembilan kecamatan. Muslim menjelaskan, pihak distributor, Kamis (8/4) menyalurkan pupuk NPK Ponskha untuk Abdya sebanyak 100 ton yang dibagi untuk sembilan kecamatan.

“Kecamatan Blangpidie mendapat 20 ton, hasil pantuan kami pada Jumat pagi ini tidak tersedia lagi di kios-kios, karena langsung diserbu petani,” kata Muslim. Ia menyebutkan beberapa hari terakhir menerima banyak keluhan dari petani Blangpidie, Susoh dan Jeumpa tentang pupuk NPK Ponskha sangat sulit diperoleh. Dalam hal ini, Muslim mengaku telah menghubungi produsen pupuk yaitu PT Petro Kimia agar memenuhi kebutuhan pupuk di Abdya.

“Setelah kita hubungi, pihak produsen (PT Petro Kimia) setuju memenuhi kebutuhan pupuk NPK Ponskha sebanyak 100 ton. Senin ini, dilakukan proses administrasi. Kita harapkan Rabu disalurkan kepada pihak distributor. Kita harap Minggu depan sudah tersedia pupuk NPK 100 ton di Abdya,” ungkapnya.

Ia jelaskan bahwa target tanam padi MT Gadu 2017 di Kabupaten Abdya seluas 9.600 hektare (ha), dari luas areal sawah 10.500 ha. Dari luas tersebut sudah 80 persen ditanam, dan yang agak terlambat Kecamatan Babahrot.(nun) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id