Peta Politik Aceh Bisa Berubah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Peta Politik Aceh Bisa Berubah

Foto Peta Politik Aceh Bisa Berubah

* Menyusul Revisi UU Pilkada

BANDA ACEH – Peta politik para kandidat gubernur, bupati dan wali kota di sejumlah tingkat II di Aceh akan berubah menyusul revisi UU Pilkada yang mulai dibahas di DPR RI, April 2016 ini. Saat ini sejumlah kandidat tersebut tengah mempersiapkan diri, termasuk mulai rajin turun ke daerah.

Perubahan itu terjadi karena sejumlah birokrat dan juga teknokrat yang sebelumnya ‘mati berahi’ lantaran harus berhenti dari jabatan PNS, kini mulai hidup kembali. Bahkan sudah ada di antara para birokrat tersebut yang berani menyatakan diri akan maju secara terang-terangan.

Salah seorang yang secara terbuka menyatakan maju dalam Pilkada 2017 setelah adanya revisi UU Pilkada tersebut adalah Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh, Nurchalis SP MSi.

“Saya akan maju sebagai calon Bupati Nagan Raya, begitu revisi UU Pilkada itu selesai dan ketuk palu. Saya akan bertarung secara sehat, demokrasi, dan terhormat,” ujar Nurchalis kepada Serambi, Minggu (13/3).

Tak hanya Nurchalis, para pejabat di lingkungan Pemerintah Aceh dan juga yang tersebar di kabupaten/kota juga akan ambil bagian dalam pencalonan kandidat cagub/cawalko tahun 2017. Hanya saja mereka belum berani menampakkan diri, karena atasannya bupati/wali kota juga maju sebagai patahana.

Selain para birokrat, politisi yang ada di DPR RI dan DPRA juga akan maju dalam pilkada tersebut. Hal yang sama juga akan dilakukan para teknokrat, yang saat ini berada di kalangan kampus, terutama Unsyiah dan UIN Ar-Raniry.

Salah seorang politisi yang mengisyaratkan maju alam Pilkada Aceh adalah anggota DPR RI, M Nasir Jamil, yang berasal dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). “Kalau revisi UU Pilkada itu telah selesai, peluang saya maju akan lebih besar,” kata M Nasir Jamil kepada Serambi via sms, pekan lalu.(bur) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id