Kembalikan Kartu BPJS tak Bertuan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kembalikan Kartu BPJS tak Bertuan

Kembalikan Kartu BPJS tak Bertuan
Foto Kembalikan Kartu BPJS tak Bertuan

* Imbauan Kepada Para Keuchik di Aceh Barat

MEULABOH – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Meulaboh mengimbau seluruh keuchik di wilayah Aceh Barat mengembalikan kartu BPJS yang tidak bertuan yang selama ini masih disimpan.

“Kalau tidak ditemukan pemilik segera dikembalikan ke BPJS,” kata Kepala BPJS Aceh Barat dr Aldiana dalam keterangan kepada Serambi, Kamis (8/6) di sela sosialisasi JKN-KIS. Acara tersebut berlangsung selama empat hari diikuti 331 keuchik, camat dan tenaga Puskesmas di aula Bappeda Aceh Barat.

Sosialisasi antara lain menindak lanjuti temuan Ombudsman Perwakilan Aceh beberapa waktu lalu yang melaporkan puluhan kartu BPJS tak bertuan di Kecamatan Woyla Timur. Aldiana mengatakan setelah pertemuan semua kartu KIS/JKRA yang tidak diketahui ataupun tidak ditemukan pemiliknya bisa segera dikembalikan ke BPJS Kesehatan.

Hal ini juga sesuai dengan perjanjian kerja sama jaminan kesehatan rakyat Aceh (JKRA) yang menyebutkan terhadap kartu-kartu yang tidak sampai kepada pemilik sesuai dengan nama yang tertera maka untuk segera mengembalikan ke BPJS Kesehatan. Disebutkan masyarakat yang merasa belum memiliki kartu KIS/JKRA dapat datang sesuai dengan jadwal yang telah diinformasikan sebelumnya ke pihak Puskesmas dengan membawa kelengkapan berkas pendaftaran.

“Selanjutnya pada saat itu juga warga diinformasikan jadwal pengambilan kartu yang telah dicetak untuk dapat dilakukan pengambilan kembali di Puskesmas yang kemudian diserahkan langsung oleh petugas BPJS Kesehatan kepada pemilik kartu,” kata Aldiana.

Seperti pernah diberitakan Ombudsman Aceh menemukan puluhan kartu BPJS tak bertuan di rumah seorang keuchik di Kecamatan Woyla Timur, Aceh Barat. Mendapat laporan itu BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh langsung turun ke desa dan menarik kembali kartu tersebut. Pihak BPJS melakukan pengecekan menemukan kartu tersebut asli.

Keuchik Proaktif Melapor
Wabup Aceh Barat dalam kesempatan membuka sosialisasi JKN-KIS yang diadakan BPJS Kesehatan menyampaikan program JKN-KIS diluncurkan pemerintah untuk masyarakat dan keluarga yang kurang mampu dengan anggaran berasal dari APBN. “Kami berharap aparat desa menjalin kerja sama dengan BPJS dalam pendistribusian kartu. Laporkan kartu yang tidak sesuai seperti terjadi perpindahan, pemengang kartu yang meninggal dunia dan segera kembalikan ke BPJS,” harap Rachmat Fitri.(riz) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id