Tim Gabungan Razia Makanan di Takengon | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tim Gabungan Razia Makanan di Takengon

Tim Gabungan Razia Makanan di Takengon
Foto Tim Gabungan Razia Makanan di Takengon

* Seputaran Takengon

TAKENGON – Tim gabungan dari sejumlah instansi melakukan pengecekan dan penertiban makanan dari Cina serta yang telah kedaluwarsa di sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Takengon, Aceh Tengah, Kamis (8/6). Penertiban yang dilakukan itu masih berkaitan dengan bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Kadisperindagkop ESDM Aceh Tengah, Syukuruddin kepada Serambi mengatakan penertiban makanan ini untuk menindaklanjuti isu masuknya makanan dari Cina ke Kota Takengon. “Makanan luar tersebut, informasinya masuk dari Cina, namun sampai sejauh ini, belum kami temukan,” kata Syukuruddin.

Dia menjelaskan berdasarkan hasil pengecekan di sejumlah lokasi, masih ditemukan makanan kedaluwarsa yang dijual oleh pedagang. Untuk makanan yang telah melewati masa berlakunya itu, diminta untuk tidak lagi dijual. “Jadi, kalau makanan sudah kedaluwarsa, kan berbahaya untuk dikonsumsi, makanya kita minta untuk tidak lagi dijual,” jelasnya.

Menurut Syukuruddin, pengecekan makanan merupakan agenda rutin, namun selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri dilakukan lebih ketat dari biasanya. “Makanya kita menurunkan tim gabungan untuk melihat adanya makanan yang tidak layak konsumsi, baik dari luar negeri ataupun yang sudah kedaluwarsa,” terangnya.

Adapun tim gabungan terdiri dari BPOM, Dinas Kesehatan, Dinas Pangan, Disperindag, serta melibatkan pihak Satpol PP dan jajaran Polres Aceh Tengah. “Rencana awal, kita memfokuskan di empat titik. Namun dalam pelaksanaannya, tim menyambangi sejumlah toko yang sebelumnya tidak ditargetkan untuk diperiksa,” ujarnya.

Disebutkan, makanan kedaluwarsa yang ditemukan di sejumlah lokasi, beberapa diantaranya diamankan dan selebihnya diminta kepada pedagang saha untuk tidak lagi menjual makanan yang sudah lewat batas pengunaanya. “Ada beberapa sample yang kita ambil. Tapi yang lain, kita imbau untuk tidak lagi dijual, sehingga masyarakat atau konsumen, bisa mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat,” pungkasnya.

Dalam pengecekan makanan kedaluwarsa itu, tim gabungan juga memeriksa surat-surat izin usaha toko. Sedangkan, beberapa toko dan minimarket yang disambangi tim pemeriksa melakukan pengecekan satu persatu makanan kemasan yang dijual. Bila ada yang hampir dan telah kedaluawarsa, langsung diamankan dan disarankan untuk tidak dijual lagi.(my) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id