Pelabuhan Ferry Segera Beroperasi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pelabuhan Ferry Segera Beroperasi

Foto Pelabuhan Ferry Segera Beroperasi

* Layari Meulaboh-Sinabang

MEULABOH – Pelabuhan ferry penyeberangan Meulaboh (Aceh Barat)-Sinabang (Simeulue) di Samatiga, Aceh Barat, saat ini sudah rampung dan menunggu uji coba serta penentuan titik rambu laut. Sedangkan pengerjaan fisik bangunan dengan panjang 350 meter itu sudah ditinjau langsung pejabat dari Kementerian Perhubungan RI baru-baru ini.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Samatiga, Zulkifli kepada Serambi kemarin mengatakan pengerjaan bangunan ke laut sudah rampung. Demikian juga bangunan sisi darat sedang dalam tahap penyempurnaan. “Pihak Kemenhub sudah memberi sinyal bahwa sudah dibenarkan beroperasi. Kalau untuk bangunan pelabuhan tidak ada persoalan lagi,” katanya.

Ia menyebukan, pekan lalu pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) juga sudah turun ke pelabuhan Samatiga memastikan langkah selaku yang mengelola kapal. Namun sejauh ini yang masih ditunggu adalah uji coba dan penentuan rambu-rambu laut. “Sesuai rencana pelabuhan ini dioperasikan pertengahan tahun ini. Ya harapan kita dapat terwujud,” katanya. Menurutnya, untuk jadwal keberangkatan untuk Meulaboh-Sinabang, nanti akan diatur pihak ASDP.

Sejumlah warga Simeulue di Meulaboh mengatakan, dengan beroperasi kembali pelayaran Meulaboh-Sinabang dinilai akan jauh hemat dari segi biaya yang dikeluarkan masyarakat. Seperti kondisi saat ini warga harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk perjalanan darat dari Labuhan Haji tujuan Meulaboh atau Banda Aceh.

Sementara saat ini banyak warga Simeulue menetap di Meulaboh seperti untuk kuliah dan hal lain karena Simeulue merupakan kabupaten pemekaran dari Aceh Barat. “Sudah 11 tahun terpaksa harus ke Labuhan Haji dulu,” ujar Ujang, warga Simeulue di Meulaboh.(riz) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id