Terjadi di Aceh Besar, Sampah Ditabur di Badan Jalan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Terjadi di Aceh Besar, Sampah Ditabur di Badan Jalan

Terjadi di Aceh Besar, Sampah Ditabur di Badan Jalan
Foto Terjadi di Aceh Besar, Sampah Ditabur di Badan Jalan

URI.co.id, INGIN JAYA – Persoalan sampah masih menjadi masalah besar di Aceh Besar. Terbaru, sampah yang terdiri atas beragam macam sisa makanan dan barang bekas pakai, ditaburkan di badan jalan Rel Kereta Api (Jalan Kantor Camat Ingin Jaya), Aceh Besar.

Amatan URI.co.id Rabu (7/6/2017) pukul 14.00 WIB, sebagian dari sampah yang berceceran di jalan itu telah digilas oleh kendaraan.

Saat itu, beberapa pengendara mobil dan motor juga harus berzig zag menghindari tumpukan dan ceceran sampah berbagai jenis.

Catatan URI.co.id, persoalan sampah di jalan sudah berlangsung semenjak ditariknya kontainer sampah beberapa tahun lalu.

Sejak itu, warga serta sebagian para pedagang di pasar Lambaro membuang sampah di beberapa titik di pinggir jalan itu.

Tak ayal tumpukan sampah yang dibiarkan dalam waktu lama ini terus menggunung, hingga meluber ke saluran irigasi areal persawahan di kiri kanan jalan itu.

Beberapa kali, warga yang merasa dirugikan, kemudian bergotong royong dan menaburkan sampah-sampah tak bertuan itu ke badan jalan.

Mereka ingin memberi peringatan kepada warga tidak membuang sampah sembarangan. Sekaligus untuk menarik perhatian dinas terkait agar mencari solusi terhadap persoalan sampah.

Tidak hanya di Jalan Rel Kereta Api Lambaro, persoalan sampah juga dikeluhkan oleh banyak warga yang bermukim di kawasan perbatasan Aceh Besar-Banda Aceh.

Hampir setiap hari ditemukan status warga Aceh Besar yang mengeluhkan tidak tertanganinya sampah.

Mereka membanding-bandingkan dengan warga Kota Banda Aceh yang nyaris tidak pernah risau dengan persoalan sampah.

Muda Jauhari Al-Asyi adalah salah satu pengguna Facebook yang mengangkat persoalan sampah di statusnya.

Status yang diberi judul “SAMPAH ACEH BESAR” ini diposting Muda Jauhari pada tanggal 2 Juni 2017. Berikut tulisan lengkapnya:

“Sungguh miris melihat kondisi kebersihan dan persampahan di Aceh Besar, photo yg saya upload ini hanya sebagian saja tentang problem sampah di Aceh Besar, gambar ini kondisi di jalan protokol Cut Nyak Dhien, Ajun. Banyak lagi lokasi2 sampah liar dikawasan Aceh Besar, antara lain : Jembatan Lamsayuen-Ingin Jaya, pasar lambaro,-ingin jaya, sekitar komplek perumahan Cempaka/lewat Koramil & Polsek Darul Imarah dll. Identifikasi masalahnya adalah : minimnya ketersediaan kontainer sampah & angkutan pengutipan sampah oleh dinas kebersihan kab. Aceh Besar, tentunya ini efek dari kekurang pedulian pemkab terhadap problem sampah dikawasan itu. Semoga penyelesaian persoalan sampah ini menjadi salah satu prioritas pemkab, khususnya bupati terpilih Bpk. Ir Mawardi Ali. 

By : Muda Jauhari Al-Asyi
(Sekretaris Umum IRWANDI CENTER Pusat/Koordinator Pusat BRIGADE IRWANDI/Kader Partai Nanggroe Aceh) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id