BPJS Kesehatan Percepat Pembayaran Klaim | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

BPJS Kesehatan Percepat Pembayaran Klaim

BPJS Kesehatan Percepat Pembayaran Klaim
Foto BPJS Kesehatan Percepat Pembayaran Klaim

BANDA ACEH – Menanggapi pemberitaan terkait permasalahan pembayaran klaim BPJS Kesehatan di beberapa rumah sakit terutama Rumah Sakit Umum (RSU) Meuraxa, Kepala BPJS Kesehatan Kanwil Aceh, Rita Masyita Ridwan SSi Apt MKes mengatakan hal tersebut terjadi karena adanya perubahan beberapa regulasi pada akhir 2016 dan permasalahan tersebut terjadi secara nasional tidak hanya di Aceh.

Ia menjelaskan, perubahan tersebut diikuti dengan penyesuaian aplikasi pengajuan e-klaim dari Kemenkes RI, dan aplikasi verifikasi serta dilakukan penyesuaian terhadap pengkodingan pengajuan klaim mengikuti ketentuan Permenkes nomor 76/2016, sehingga klaim setelah diverifikasi ada yang harus dikembalikan ke rumah sakit untuk di sesuaikan dengan ketentuan. Akibatnya klaim bulan pelayanan dari Oktober 2016 dan seterusnya baru dapat diverifikasi pada Januari 2017, artinya klaim tertunda tiga bulan pelayanan sehingga seiring waktu berjalan membutuhkan upaya recovery atau perbaikan sehingga penyelesaian klaim menjadi normal kembali.

“Sebelum permasalahan ini terjadi bisa dilihat BPJS Kesehatan secara rutin selalu membayar klaim tepat waktu. Hingga release ini disampaikan, BPJS Kesehatan telah melakukan pembayaran klaim pelayanan Februari 2017 pada 2 Juni 2017 sebesar Rp 9.173.907.990,” sebutnya dalam rilis yang diterima Serambi, Senin (5/6).

Kemudian, Rumah Sakit baru menyerahkan klaim pelayanan Maret 2017 pada 31 Mei 2017 dan klaim pelayanan April 2017 pada 5 Juni 2017 untuk selanjutnya proses verifikasi di BPJS Center dan disepakati akan selesai pertengahan Juli 2017.

Menurutnya, BPJS Kesehatan sudah menawarkan solusi kepada pihak rumah sakit untuk kemudahan klaim pelayanan dan obat diantaranya adalah dengan (Vedika) verifikasi di kantor BPJS Kesehatan. Namun pihak rumah sakit masih mempertimbangkan, dan untuk mengatasi kekosongan obat disarankan pengalihan kerjasama yang semula dikelola oleh rumah sakit menjadi kerjasama antara apotek swasta yang ada di lingkungan RSU Meuraxa langsung dengan BPJS Kesehatan untuk pelayanan obat kronis.(rel/una) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id