PAUD Model Gunakan Kayu Kualitas Rendah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

PAUD Model Gunakan Kayu Kualitas Rendah

PAUD Model Gunakan Kayu Kualitas Rendah
Foto PAUD Model Gunakan Kayu Kualitas Rendah

* Temuan Pansus DPRA

SIGLI – Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) untuk Dapil II, menemukan kayu pintu dan kusen jendela ruang belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Model yang dibangun dengan dana Otonomi Khusus (Otsus) sebesar Rp 1,8 miliar di Gampong Blok Sawah, Kecamatan Kota Sigli, Pidie, Senin (5/7), berkualitas rendah.

“Kusen pintu dan jendela bangunan PAUD ini menggunakan kayu yang masih muda, sehingga tidak rapi dan dipastikan tidak akan bertahan lama,” kata Tgk Anwar Ramli, Senin (5/6), yang memimpin Tim Pansus Dapil II untuk meninjau sarana pendidikan tersebut guna dijadikan bahan rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Aceh.

Ia menyarankan, kusen dan pintu yang selama ini menggunakan material kayu, sebaiknya diganti dengan material PVC karena akan lebih rapi, meskipun tidak ada jaminan akan bertahan lama.

Anggota Pansus, Hj Nurlelawati mengatakan saat ini banyak sarana pendukung PAUD yang belum tersedia. Sarana pendukung itu merupakan tanggung jawab Pemkab Pidie, karena Pemerintah Aceh hanya membangun gedungnya saja.

“PAUD ini baru rampung dibangun tiga ruangan. Namun meja belajar, kursi dan jembatan belum tersedia. Sarana ini merupakan tanggungjawab Pemkab untuk menyediakannya. Kalau tidak, PAUD ini tak bisa digunakan,” ujar Nurlela.

Para anggota Pansus berharap, aktivitas belajar mengajar di PAUD Model segera aktif. Karena selama ini aktivitas PAUD dilakukan di toko.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Disdik Aceh, Rahmadani, kepada Serambi, Senin (5/6) membantah keterangan Ketua Pansus DPRA, Anwar Ramli yang mengatakan kusen pintu dan jendela bangunan PAUD ini menggunakan kayu kualitas rendah.

“Kayu yang digunakan untuk kusen pintu dan jendela PAUD Model di Blok Sawah ini adalah kayu berkualitas. Pihak Pansus DPRA meminta digunakan PVC, hanya karena alasan agar kusen pintu dan jendela menjadi rapi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, PAUD Model di Blok Sawah telah rampung dikerjakan dengan anggaran dana Rp 1,8 miliar lebih bersumber dari Otsus pada tahun 2016, dan telah diserahkan ke Pemkab Pidie pada Januari 2017. Ia juga mengatakan, selain di Pidie, Pemerintah Aceh juga membangun dua unit PAUD Model yang merupakan program Gubernur Aceh, yakni di Pidie Jaya dan Bener Meriah.(naz) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id