Pengusaha Diimbau Percepat Bayar THR | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pengusaha Diimbau Percepat Bayar THR

Pengusaha Diimbau Percepat Bayar THR
Foto Pengusaha Diimbau Percepat Bayar THR

BANDA ACEH – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Pendudu (Disnakermobduk) Aceh, Ir HT Bahagia MP mengingatkan, lembaga dan badan usaha, pengusaha/pimpinan perusahaan swasta, BUMN, BUMD, koperasi dan berbagai jenis usaha dagang lainnya yang beroperasi di daerah ini, agar mempercepat pembayaran tunjangan hari raya (THR) bagi pekerjanya, paling lambat tujuh hari sebelum Idul Fitri 1438 Hijrah.

Berkaitan itu, diharapkan dinas atau instansi yang menangani ketenagakerjaan di kabupaten/kota, agar memerintahkan pengusaha atau pimpinan perusahaan yang tersebar di wilayahnya masing-masing, untuk memantau pelaksanaan pemberian THR.

Ia menjelaskan, sesuai ketentuan, setiap pekerja berhak mendapat THR sebesar satu bulan gaji penuh bagi pekerja yang sudah bekerja selama setahun atau lebih. “Prinsipnya, pengusaha tetap harus bayar THR. Kalau kesulitan boleh saja ditunda. Tapi, tak berarti lepas dari kewajiban membayarya,” katanya kepada Serambi, Kamis (1/6).

Ia menjelaskan, pemerintah mewajibkan pengusaha untuk memberikan THR keagamaan kepada pekerja yang telah mempunyai masa kerja tiga bulan atau lebih secara terus-menerus. THR keagamaan untuk pekerja ini, diberikan satu kali dalam setahun oleh pengusaha dan pembayarannya disesuaikan dengan hari raya keagamaan masing-masing.

Berdasarkan peraturan, besaran THR keagamaan, adalah pegawai yang bermasa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih mendapat THR minimal satu bulan gaji. Sedangkan Pekerja yang bermasa kerja tiga bulan secara terus-menerus tetapi kurang dari 12 bulan, mendapat secara proporsional, yaitu dengan menghitung masa kerja yang sedang berjalan dibagi 12 bulan dikali satu bulan upah.

Karenanya, Kamaruddin Andalah juga mengimbau pekerja yang tidak mendapat THR, supaya secepatnya melapor ke Disnaker atau instansi terkait di wilayah operasional perusahaan terdekat. “Para pekerja diminta secepatnya melapor ke Disnakermobduk Aceh, atau kabupaten/kota, jika belum mendapatkan THR,” katanya.(awi) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id