Museum Tsunami Akan Tambah Alat Multimedia | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Museum Tsunami Akan Tambah Alat Multimedia

Foto Museum Tsunami Akan Tambah Alat Multimedia

BANDA ACEH – Dalam rangka revitalisasi (pembenahan), pihak Tsunami’>Museum Tsunami Aceh berencana menambah alat-alat multimedia untuk mengganti alat lama berupa simulator gempa yang telah rusak. Kepala Museum Aceh, Tomy Mulia Hasan, Jumat (11/3) kepada Serambi mengatakan, penambahan alat multimedia dinilai praktis dan efisien sebab suku cadangnya mudah didapatkan.

“Alat yang sudah rusak adalah hibah dari pihak ketiga. Alat tersebut diberikan tanpa disertai perawatan sehingga belum setahun dioperasikan sudah rusak,” kata Tomy, seraya menyebut alat yang rusak yaitu simulator gempa, simulator patahan gempa, dan simulator kedalaman gempa yang terletak di lantai 3 gedung.

Menurutnya, saat dioperasikan perdana pada 2011 alat tersebut berjalan mulus. Tapi belum setahun digunakan, getaran simulator semakin kuat sehingga penggunaannya harus dihentikan. “Tahun 2011 saya belum menangani Tsunami’>Museum Tsunami. Namun menurut cerita dari petugas, guncangan dari simulator gempa membahayakan konstruksi gedung, “ kata dia, dan mengatakan kerusakan alat juga disebabkan oleh gempa besar pada tahun 2012, sehingga sejumlah suku cadang simulator itu copot satu persatu.

Penambahan alat multimedia itu kata Tomy dilaksanakan pada 2017, sebab harus melalui perencanaan yang dimulai sejak tahun ini. “Pada 2016 ini kami akan mendata keperluan alat multimedia, yang nantinya ditempatkan di lantai 3. Sedangkan simulator gempa akan kami gudangkan sebab memakan tempat,” ujarnya.

Tomy menambahkan, dalam MoU antara Tsunami’>Museum Tsunami Aceh dengan Badan Geologi Bandung, disebutkan bahwa perawatan alat museum dilakukan Badan Geologi Bandung. “Permohonan perbaikan alat sudah diajukan Dinas Pariwisata Aceh ke Badan geologi Bandung. Namun mereka juga tak sanggup karena kerusakan alat lumayan parah,” tandas pria yang menjabat kepala museum sejak Maret 2015. (fit) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id