138 Desa belum Cairkan Dana | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

138 Desa belum Cairkan Dana

  • Reporter:
  • Sabtu, Juni 3, 2017
138 Desa belum Cairkan Dana
Foto 138 Desa belum Cairkan Dana

BLANGPIDIE – Sebanyak 138 desa di sembilan Kecamatan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) belum menerima atau mencairkan dana tahap pertama tahun 2017. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4), Ruslan Adly SP mengatakan sejak 22 Mei 2017 hanya 14 desa dari 152 desa di Abdya yang sudah mencairkan dana.

“Dari 14 Desa yang dicairkan itu, dua desa di antaranya adalah desa yang baru definitif, seperti Desa Alue Selaseh dan Jeumpa Barat,” kata Ruslan Adly SP kepada wartawan, Jumat (2/6).

Khusus pencairan dana untuk 20 desa yang baru definitif, kata Ruslan, hanya menyerahkan Rencana Kerja Pemerintah Gampong (RKPG) 2017 dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (RAPBG) 2017. “Jadi, mereka tidak perlu menyerahkan LKPJ, cukup dengan RAPBG saja,” sebutnya.

Dia sebutkan 138 Desa itu ditargetkan pada Juli sudah dapat mencairkan dana tahap pertama 2017 karena ada sebagian desa dalam proses verifikasi. Dana tahap pertama itu bisa dicairkan setelah melengkapi sejumlah administrasi seperti surat permohonan, LKPJ, LPPG 2016, RKPG, APBG 2017, RDP tahap 1, rekomendasi dari TPTK, surat pengantar dari camat dan surat pengantar dari DPMP4.

“Dana yang cair tahap pertama itu sebesar 60 persen, atau berkisar Rp 600 juta hingga Rp 700 juta,” terangnya. Ruslan menyebutkan keterlambatan pencairan dana desa itu disebabkan pencairan dana desa tahun 2016 lalu sangat lambat, sehingga berdampak pada realisasi anggaran dan pembuatan LKPJ. Untuk tahun 2017, pihaknya akan mencairkan dana tahap kedua, setelah desa menyerahkan surat pertanggungjawaban (SPJ) realisasi anggaran 60 persen tahap pertama.

Tujuannya untuk memudahkan dan dan tidak menumpuk menyerahkan realisasi 100 persen. “Pada 2017 (pencairan dana) lebih ketat. Kita berharap, desa yang telah dicairkan itu, agar tertib administrasi, tepat sasaran dan ada pemberdayaan masyarakat,” katanya.(c50)

desa yang telah mencairkan dana

Kecamatan Manggeng
* Desa Pante Pirak
* Desa Sejahtera
* Desa Seunulop
* Desa Pante Raja
* Desa Pusu
* Desa Ladang Panah
* Desa Lhueng Baro
* Desa Payah

Kecamatan Jeumpa
* Desa Jeumpa Barat
* Desa Aleu Seulaseh
* Desa Kuta Jeumpa

Kecamatan Kuala Batee
* Desa Gelanggang Gajah
* Desa Kota Bahagia

Kecamatan Tangan-Tangan
* Desa Suak Labu (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id