Usulan Dana Pilkada Aceh Tengah Membengkak | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Usulan Dana Pilkada Aceh Tengah Membengkak

Foto Usulan Dana Pilkada Aceh Tengah Membengkak

TAKENGON – Anggaran pelaksanaan pilkada di Kabupaten Aceh Tengah membengkak dari sebelumnya. KIP Aceh Tengah mengusulkan sebesar Rp 46 miliar, jauh lebih besar dibandingkan usulan anggaran pilkada sebelumnya yang hanya sekitar Rp 19 miliar.

Ketua KIP Aceh Tengah, Marwansyah SHI, mengakui hal itu, dan pihaknya mengaku sudah menjelaskannya kepada Pemkab. “Ada tiga alasan kenapa anggaran Pilkada 2017 meningkat beberapa ratus persen, jika dibandingkan dengan priode lalu,” kata Marwansyah kepada Serambi, Sabtu (12/3).

Ketiga alasan tersebut adalah, pertama, biaya untuk alat peraga kampanye (APK) yang dibebankan kepada penyelenggara dengan kebutuhan anggaran mencapai Rp 10 miliar. Kedua, karena adanya penambahan kampung sebanyak 57 desa dari priode sebelumnya.

“Alasan ketiga, kebutuhan saat ini, kan tidak sama dengan lima tahun lalu. Seperti gaji dan lain-lain tentunya ada peningkatan,” papar Marwansyah.

Lebih lanjut dijelaskan, anggaran yang diusulkan itu sebagian besar digunakan untuk memenuhi kebutuhan alat peraga kampanye, sesuai dengan yang diamanatkan undang-undang. “Apabila nanti undang-undang direvisi dan APK tidak dibebankan ke kita, ya akan kita hapus,” lanjutnya.

Sementara itu, Pemkab Aceh Tengah telah menetapkan pagu anggaran penyelenggaraan pilkada 2017 dalam APBK 2016 sebesar Rp 15 miliar. Jumlah tersebut menurut Sekretaris Daerah Aceh Tengah, Karimansyah, masih ada kemungkinan berubah menyesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan nanti.

Terkait dengan usulan KIP Aceh Tengah yang mencapai Rp 46 miliar, Sekda mengaku belum bisa dipenuhi karena perlu dirasionalkan kembali sesuai dengan pedoman standar biaya yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat. “Kita belum bisa penuhi, karena masih harus menunggu standar biaya,” demikian Karimansyah.(my) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id