Seleksi Panwaslih Lhokseumawe Tuai Protes | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Seleksi Panwaslih Lhokseumawe Tuai Protes

Foto Seleksi Panwaslih Lhokseumawe Tuai Protes

LHOKSEUMAWE – Proses seleksi Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Lhokseumawe yang dilakukan oleh tim panitia seleksi (Pansel) mulai menuai protes, menyusul keluarnya pengumuman hasil tes wawancara yang dilaksanakan sebelumnya.

Protes tersebut disampaikan oleh dua peserta yang tidak lulus, di antaranya Zainal Bakri yang juga mantan Ketua Panwaslih Lhokseumawe, dan Surya Darma.

“Saya curiga pansel ikut bermain. Saya banyak mendapat dukungan, lalu saya tidak diloloskan. Tapi yang diluluskan juga tidak lebih baik, dan mereka belum berpengalaman,” kata Zainal Bakri.

Sedangkan Surya Dharma mengungkapkan, dalam tes wawancara, pertanyaan yang diajukan kepada dirinya tidak berkenaan dengan tugas pengawas pilkada. “Saya disuruh sebutkan kekurangan dan kelebihan saya. Kemudian ada pertanyaan yang berhubungan dengan ekonomi, padahal tugas panwaslih adalah mengawasi pilkada,” katanya.

Terkait hal itu, Ketua Bidang Advokasi Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA), Hafid, meminta agar tim pansel mempublikasikan nilai dan indikator penilaian, sehingga publik dapat mempercayai proses seleksi tersebut.

“Publik ingin tau kinerja pansel, agar semua kita paham bagaimana kinerja dan indikator penilaian. Kita sangat berharap calon panwaslih harus bebas dari intervensi politik pihak manapun, sehingga bisa melahirkan pengawas pilkada yang kredibel dan berintegritas,” ujar Hafid.

Sementara, Ketua Pansel Lhokseumawe, Rusdy Abubakar, menjelakan,kelulusan peserta dari wawancara berdasarkan hasil perangkingan nilai tertinggi dengan item penilaian integritas, kompetensi, kepemimpinan dan independensi.

Hasil tersebut juga diserahkan ke dewan untuk dipublikasikan dan pansel juga sudah mempublikasikan di website. “Kelulusan hasil wawancara tersebut juga berdasarkan hasil pleno pansel, bukan pendapat satu orang. Semua calon peserta baik, tapi yang lulus adalah mereka yang terbaik,” ujar Rusdy.(jaf) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id