NasDem: LKPJ Wali Kota Diarsipkan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

NasDem: LKPJ Wali Kota Diarsipkan

NasDem: LKPJ Wali Kota Diarsipkan
Foto NasDem: LKPJ Wali Kota Diarsipkan

* Ketua DPRK Dituding Ikut ‘Bermain’

BANDA ACEH – Fraksi Partai NasDem di DPRK Banda Aceh mempertanyakan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Banda Aceh. Laporan tersebut sudah diserahkan kepada Ketua DPRK, Arief Fadilah, pada Maret lalu, tetapi hingga kemarin belum diparipurnakan dan diserahkan kepada komisi-komisi.

Fraksi NasDem menilai LKPJ tersebut sengaja diarsipkan. “Surat LKPJ Wali Kota Banda Aceh kenapa diarsipkan? Padahal ini adalah hak anggota dewan untuk mengetahui sebagai bahan pertanggungjawaban ke publik. Sudah tiga bulan diserahkan tapi sampai sekarang belum kami terima,” kata Sekretaris F NasDem, Abdul Rafur, kepada Serambi, Selasa (30/5).

Seharusnya, lanjut dia, anggota dewan sudah turun ke lapangan untuk melihat apa saja yang sudah dikerjakan eksekutif selama 2016. “Kami tidak ada cara turun ke lapangan jika tidak ada LKPJ, bagaimana kita melihat program yang sudah dibuat sesuai atau tidak. Saya lihat ketua ada kerja sama dengan wali kota, ada hal-hal mungkin yang ditutupi di lapangan,” ujarnya.

Kecurigaan itu muncul karena LKPJ Wali Kota tidak pernah diajukan dalam rapat paripurna untuk dievaluasi oleh komisi-komisi. Padahal, kata Abdul Rafur, LKPJ Wali Kota tahun 2016 sudah diserahkan pada Maret lalu, tetapi belum ada pembahasan. “Sementara di daerah lain sudah selesai semua,” tukas politisi NasDem ini.

Karena itu, Fraksi NasDem meminta Ketua DPRK Banda Aceh, Arief Fadilah agar sesegera mungkin memparipurnakan LKPJ tersebut. “Masak pembahasan LKPJ molor, sedangkan daerah lain setelah selesai penyerahan LKPJ langsung dibahas dua bulan sebelumnya, tapi kenapa LKPJ Banda Aceh kok digudangkan, ada permainan apa ini?” tanyanya.

Sementara itu, Ketua DPRK Banda Aceh, Arief Fadilah SIKom yang dihubungi terpisah menjelaskan bahwa tidak benar LKPJ Wali Kota Banda Aceh tahun 2016 diarsipkan. Ia mengatakan, LKPJ tersebut tetap dibahas sesuai dengan prosedur.

“Kita sudah rencanakan dalam hari ke depan ini akan kita bahas,” katanya kepada Serambi, kamarin malam.

Ia mengatakan, pihaknya sudah duduk dengan Badan Musyawarah (Banmus) DPRK untuk menetapkan jadwal paripurna. Menurutnya, rapat paripurna penyerahan LKPJ Wali Kota Banda Aceh tahun 2016 akan dilakukan pada Jumat (2/6) pagi.

“Sebenarnya Kamis direncanakan, tapi Kamis tanggal merah, makanya dijadwalkan Jumat,” ujarnya.

Ia menegaskan tidak ada niatnya untuk mengarsipkan LKPJ tersebut. “LKPJ itu penting, mana mungkin kita hilangkan. Tadi baru duduk dengan Badan Musyarawah, lusa (Jumat) langsung dilakukan rapat paripurna LKPJ-nya, setelah itu langsung dilakukan pembahasan di tingkat komisi-komisi untuk dievaluasi LKPJ itu,” tutup Arief Fadilah.(mas) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id