Safari Ramadhan Mulai Dari Masjid Al-Makmur | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Safari Ramadhan Mulai Dari Masjid Al-Makmur

Safari Ramadhan Mulai Dari Masjid Al-Makmur
Foto Safari Ramadhan Mulai Dari Masjid Al-Makmur

BANDA ACEH – Pemerintah Kota Banda Aceh memulai safari Ramadhan di Masjid Agung Al-Makmur (Masjid Oman), Lampriek, Senin (29/5) malam. Tim Safari ini dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin.

Pada kesempatan itu, Pemko Banda Aceh menyerahkan bantuan kemakmuran masjid sebesar Rp 20 juta yang diserahkan langsung oleh Zainal Arifin dan diterima oleh Wakil Ketua Pengurus Masjid Al-Makmur, Abu Bakar Usman. Penyerahan ini disaksikan oleh ribuan jamaah yang memadati masjid agung tersebut setelah pelaksanaan shalat Isya.

Setelah penyerahan bantuan tersebut, Tgk HA Karim Syech memberikan tausiah singkat sebelum pelaksaan shalat Tarawih dan Witir. Dalam kesempatan ini ia menyampaikan bagi orang berpuasa diwajibkan untuk mengetahui syarat dan rukun, serta apa-apa saja yang dapat membatalkan pelaksanaan ibadah puasa.

“Asshiyam menurut bahasa adalah menahan diri. Menurut istilah adalah menahan diri dari pada makan, minum, dan jimak, serta segala hal yang bisa membatalkan puasa dari semenjak fajar hingga matahari terbenam,” ujar A Karim Syech yang juga ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh.

A Karim Syech mengapresiasi pelaksaan puasa tahun ini dilaksanakan secara serentak antara dua ormas besar Islam Indonesia yaitu Nahdhatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah yang biasanya selalu berbeda dalam tahun-tahun sebelumnya dalam menentukan 1 Ramadan dan Idul Fitri. “Hal seperti ini terus berlangsung ke depan karena dapat menjadikan umat Islam semakin kuat,” ujarnya.

Selanjutnya Tim Safari Ramadan Pemko Banda Aceh akan mengunjungi masjid-masjid lainnya di Kota Banda Aceh. Total keseluruhan ada sepuluh masjid yang akan dikunjungi dengan menyertakan penceramah dan juga penyerahkan bantuan kemakmuran masjid.(rel/mis) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id