Kurma Madu Paling Diminati | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kurma Madu Paling Diminati

Kurma Madu Paling Diminati
Foto Kurma Madu Paling Diminati

BANDA ACEH – Kurma adalah satu di antara makanan pembuka yang dipilih sebagian besar umat muslim ketika berbuka puasa. Di antara berbagai jenis kurma, maka kurma madu paling diminati saat bulan Ramadhan karena memiliki tekstur yang lembut dan manis.

CEO Zamzam Elhanief (El Zamzam) Batoh, Banda Aceh, H Akmal Hanif Lc kepada Serambi, Selasa (30/5), mengatakan kurma madu termasuk banyak permintaan saat Ramadhan dan dijual Rp 250 ribu/kg. Selain itu juga ada kurma sukari seharga Rp 150 ribu/kg.

“Kurma madu itu sebenarnya istilah orang Indonesia saja yang menyebutnya kurma madu. Di Arab enggak ada namanya kurma madu. Itu dasarnya dari kurma sukari yang lebih kering dinamakan kurma madu,” katanya.

Menurutnya, yang dijual di Arab adalah kurma sukari yang dibagi dalam dua jenis yaitu yang biasa dan yang kering atau yang dinamakan kurma madu. “Kalau kurma madu tidak terlalu basah, kurma sukari memang basah. Kurma merupakan makanan Rasulullah dan kurma juga mempunyai karbohidrat dan protein yang tinggi dan terkadang juga bisa sebagai pengganti nasi,” tambahnya.

Sementara toko lainnya yang juga menjual berbagai kurma di kawasan Masjid Raya, Baiturrahman, Banda Aceh yang ditanyai secara terpisah menyebutkan kurma paling dicari saat Ramadhan juga kurma madu.
CEO Zamzam Elhanief (El Zamzam) Batoh, Banda Aceh, H Akmal Hanif Lc mengatakan selain kurma madu dan sukari, juga ada kurma ajwa biasa Rp 300 ribu/kg dan ajwa super Rp 350 ribu/kg. “Bedanya kalau ajwa biasa lebih lembek atau kurang kering dan terasa manisnya. Sedangkan ajwa super lebih kering dan rasa manisnya lebih pas tidak terlalu manis sekali,” sebutnya yang menambahkan kurma-kurma tersebut langsung didatangkan dari Arab Saudi.

Ia menambahkan kurma ajwa memiliki beberapa fadhilah yang juga direkomendasi oleh Rasulullah untuk memakannya, di antara fadhilahnya adalah untuk menghilangkan sihir dan apabila dipatok ular dan memakan kurma ajwa sebanyak tujuh butir per hari selama tujuh hari berturut-turut maka tidak berbisa. (una) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id