Gempa Guncang Gayo Lues, Puluhan Rumah Rusak | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gempa Guncang Gayo Lues, Puluhan Rumah Rusak

Gempa Guncang Gayo Lues, Puluhan Rumah Rusak
Foto Gempa Guncang Gayo Lues, Puluhan Rumah Rusak

BLANGKEJEREN – Puluhan rumah di Desa Suri Musara, Kecamatan Pantan Cuaca, Kabupaten Gayo Lues (Galus) rusak akibat diguncang gempa bumi berkekuatan 5,0 skala Richter yang terjadi di kabupaten itu, Senin (29/5) sekira pukul 04.05 WIB.

Dalam peristiwa itu satu unit rumah milik Adam Malik (41) rusak parah, sedangkan 25 unit lainnya rusak ringan. “Semua rumah yang rusak itu berada di Desa Suri Musara, Kecamatan Pantan Cuaca, Galus,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Galus, Zakaria, kepada Serambi kemarin siang.

Ia sebutkan, tidak ada korban jiwa akibat gempa darat yang berkedalaman 10 km itu. Episentrumnya berada pada 4.15 Lintang Utara-97.20 Bujur Timur pada 27 mil barat laut Kabupaten Galus dan tidak berpotensi tsunami.

Menurut Zakaria, saat terjadi guncangan gempa beberapa detik, banyak warga yang panik, lalu berhamburan ke luar rumah. Warga juga mengkhawatirkan gempa susulan.

Amatan Serambi, satu unit rumah warga yang rusak di Pantan Cuaca ambruk tombak layar (di bagian atas)-nya. Sedangkan puluhan rumah lainnya rata-rata retak pada tiang dan dindingnya.

Zakaria menambahkan, Pantan Cuaca yang paling parah terimbas gempa kemarin merupakan kawasan perumahan transmigrasi yang dibangun beberapa tahun lalu oleh pemerintah menggunakan bahan material dari batako.

“Saat gempa terjadi, semua rumah yang rusak ringan itu sedang ada penghuninya. Namun, tidak ada yang meninggal maupun cedera,” kata Zakaria. (c40) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id