1 Juni, Jasa Raharja Naikkan Santunan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

1 Juni, Jasa Raharja Naikkan Santunan

1 Juni, Jasa Raharja Naikkan Santunan
Foto 1 Juni, Jasa Raharja Naikkan Santunan

BANDA ACEH – Mulai 1 Juni 2017, PT Jasa Raharja (Persero) menaikkan santunan hingga 100 persen kepada korban kecelakaan tanpa ada kenaikan iuran atau sumbangan. Kebijakan tersebut dalam rangka meningkatkan perlindungan dasar kepada masyarakat, sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15 dan 16 Tahun 2017 Tentang kenaikan besar santunan.

Hal itu dikatakan Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Aceh, Herry Kesuma SE MM kepada Serambi Senin (29/5) di Banda Aceh. Untuk mensosialisasikan kebijakan pemerintah itu secara meluas, lanjutnya, PT Jasa Raharja Aceh menggelar “Sosialisasi Kenaikan Santunan Kecelakaan”, Selasa (30/5) di Hermes Palace Hotel, Lampineung, Banda Aceh.

“Kegiatan ini dihadiri perwakilan pemerintah Aceh, kepolisian, unsur masyarakat, dan mahasiswa. Kami berharap semakin banyak yang tersosialisasi,” kata Herry. Menurutnya, sudah menjadi tugas Jasa Raharja untuk memberikan santunan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas, dan penumpang angkutan umum.

Dia mengatakan, peningkatan santunan dilakukan karena terjadi perubahan pada faktor kebutuhan hidup dan inflasi, antara lain kenaikan kenaikan biaya rumah sakit, obat-obatan, dan kenaikan biaya penguburan. Menurutnya, selama 8 tahun terakhir jumlah penumpang angkutan umum dan jumlah kendaraan bertambah secara signifikan. Di saat bersamaan, proporsi jumlah penumpang yang mengalami kecelakaan lalu lintas cenderung menurun.

“Proyeksi keuangan yang disusun PT Jasa Raharja menunjukkan ketahanan, dan untuk menaikkan santunan masih memadai tanpa kenaikan iuran,” kata Herry. Dia mencontohkan, dalam peraturan baru santunan untuk korban yang meninggal dunia (ahli waris) menjadi Rp 50 juta dari sebelumnya Rp 25 juta. Hal serupa juga berlaku bagi korban cacat tetap.(fit) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id