Polisi Kawal Shalat Tarawih | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Polisi Kawal Shalat Tarawih

Polisi Kawal Shalat Tarawih
Foto Polisi Kawal Shalat Tarawih

* 67 Personel Dikerahkan

BLANGKEJEREN – Petugas polisi Polres Gayo Lues (Galus) mengawal pelaksanaan shalat Tarawih di empat masjid seputaran Blangkejeren sepanjang bulan Ramadhan ini. Sebanyak 67 personel dikerahkan untuk menjaga masjid, selain 87 personel untuk pengamanan lokasi pedagang penganan berbuka puasa.

Operasi pengamanan masjid yang sudah berlangsung tiga malam untuk memberi kenyamanan jamaah melaksanakan shalat tarawih. Bahkan, tidak terdengar lagi letusan suara mercon atau petasan di seputaran masjid tersebut saat shalat Tarawih sedang berlangsung. Hal itu berbeda dengan masjid lainnya yang tanpa pengawalan polisi, suara letusan petasan masih terdengar.

Kapolres Galus melalui Kabag Ops AKP Haris Kurniawan, kepada Serambi, Senin (29/5) mengatakan empat masjid seputaran Blangkejeren mendapat penjagaan polisi mulai dari shalat Isya, Tarawih sampai witir. Disebutkan, dari 67 personel, masing-masih regu beranggotakan 6 orang.

AKP Haris Kurniawan mengatakan ke empat masjid di Blangkejeren yang dikawal personel Polres yakni Masjid As-shalihin, Masjid Taqwa, Masjid Asal Penampaan dan Masjid Penampaan Uken, “67 petugas polisi dikerahkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban sekitar masjid, tempat berlangsungnya shalat Tarawih,” katanya.

Haris Kurniawan menambahkan 87 personel polisi juga dikerahkan untuk pengamanan sekitar jajanan berbuka puasa di Blangkejeren, seperti simpang empat Kutapanjang, Rikit Gaib, depan toko Sena Rebung, depan Masjid Taqwa, lalu tugu bundar Blangkejeren dan jalan raya depan Pendopo Bupati.

Haris juga meminta masyarakat, terutama orangtua agar ikut mengawasi anak-anaknya dalam menjaga ketertiban dengan tidak bermain petasan atau mercon, karena dapat mengganggu kekhusyukan shalat Tarawih. Dia juga berharap ketertiban lalu lintas di jalan raya juga tetap dijaga.

Sebelumnya, sebanyak 20 personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) ditebar ke masjid-masjid untuk mengamankan pelaksanaan shalat Tarawih berjamaah. Kasatpol PP Agara, Zul Fahmi SSos, Sabtu (27/5) mengatakan setiap masjid ditempatkan dua petugas Satpol PP, sehingga 10 masjid dapat diamankan setiap shalat Tarawih.

Dikatakan, yang dikawal yakni Masjid Desa Biakmuli, Masjid Mandala, Masjid Perapat Hulu, Masjid Pulonas, Masjid Bambel, Masjid Kutacane Lama, Masjid Marhamah Muhammadiyah dan lainnya.

Menurut dia, personil Satpol PP juga akan menjaga ketertiban seputaran masjid, seperti mencegah terjadinya letusan suara petasan atau mercon karena dapat mengganggu warga yang melaksanakan shalat Tarawih. Dia mengakui petugas yang dikerahkan tidak cukup untuk menjaga seluruh masjid, tetapi yang penting sudah ada upaya dari pihaknya.(c40) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id