80 Ton Kelapa Siap Diekspor | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

80 Ton Kelapa Siap Diekspor

Foto 80 Ton Kelapa Siap Diekspor

* Ekspor Kedua Melalui Pelabuhan Krueng Geukueh

LHOKSUKON – Kapal Motor (KM) Surya Indah II milik PT Aceh Milenium, hari ini, Minggu (13/3), dijadwalkan berangkat dari Pelabuhan Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, dan mengangkut 80 ton kelapa ke Pulau Pinang, Malaysia.

Rencana ekspor kedua itu disampaikan Kabid Perdagangan Luar Negeri pada Dinas Pedindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh Utara, Anwar kepada Serambi, Sabtu (12/3). Ia menyebutkan, ini adalah ekspor kedua melalui Pelabuhan Krueng Geukueh. Kali ini hanya kelapa yang diekspor.

Sebanyak 80 ton kelapa itu dikumpulkan dari warga di Idi dan Peureulak, Aceh Timur, dan di Aceh Utara sejak seminggu lalu. Hingga sore kemarin, buruh bongkar muat di pelabuhan sudah mengapalkan 71 ton kelapa. Sisa sembilan ton lagi sedang menunggu tiba dari Peureulak, Aceh Timur. “Jika tidak ada kendala dalam pengangkutan dan saat muat barang ke kapal, kemungkinan besar besok sore (sore ini-red), kapal tersebut sudah bisa berangkat,” kata Anwar.

Untuk diketahui, ekspor perdana dari Pelabuhan Krueng Geukueh ke Malaysia dilakukan pada 22 Januari 2016, menggunakan kapal yang sama. Saat itu barang yang diekspor nipah enam ton, kelapa 10 ton lebih, minyak kelapa murni 500 Kg, bubuk kopi 250 Kg, dan pupuk kompos 60 ton.

Sementara itu, Saiful Mulyadi, pengumpul kelapa asal Kecamatan Sawang, Aceh Utara, kepada Serambi mengatakan, ia membeli kelapa dari warga di Aceh Utara dan Aceh Timur dengan harga Rp 2.100 per buah. Selama satu minggu ia berhasil mengumpulkan 71 ton kelapa dari dua kabupaten tersebut. Sedangkan sisanya masih menunggu dari kawasan Peureulak.

Direktur Utama PT Aceh Milenium Zulkifli kepada Serambi menyebutkan, 80 ton kelapa tersebut milik pengusaha Aceh asal Tanah Jambo Aye. Untuk barang ekspor jenis lainnya seperti nipah, kemungkinan akan dieskpor bulan depan menggunakan KM Usaha Bersama yang sudah distand-by-kan di Pelabuhan Krueng Geukueh.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan pelayanan kepada pengusaha Aceh dan kepada kami dalam pengurusan izin. Semoga ekspor melalui pelabuuhan ini selalu lancar,” katanya. Ia juga menyatakan bersedia memfasilitasi dan membantu proses pengurusan izin jika ada pedagang yang akan mengeskpor barang ke Malaysia.(jaf) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id